fbpx

Insight

Yuk Kenalan Lagi dengan Profesi Food Photography dan Apa yang Harus dikuasainya

food photography
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Udah ngerti kan kalau ragam seni fotografi itu banyak banget. Salah satu yang sedang ramai peminatnya adalah food photography. Food photography merupakan seni jepret foto makanan dimana sang fotografer harus pandai memunculkan potret yang bisa menggugah selera makan orang lain. Sementara itu, nggak semua orang punya keterampilan mengambil foto yang bagus dari makanan. 

Semahal apapun kamera yang digunakan, kalau seorang food photographer nggak punya sense of art yang baik, hasil foto akan terasa hambar. Food photographer harus bisa menonjolkan makanan sehingga fitur dan detail kecil dari makanan tersebut bisa terasa ke siapa saja yang melihat.

Apa Saja yang Harus Dikuasai Dalam Food Photography?

  1. Kemampuan Mempercantik Objek (Styling)

Meski food styler merupakan profesi tersendiri, ada baiknya seorang food photographer punya kemampuan mempercantik objek. Terkadang, beberapa klien menghendaki food photographer untuk sekalian menata objek agar terlihat menarik. Dengan sedikit sentuhan, foto akan terlihat lebih unik dari biasanya. 

2. Lightning

Kemampuan memilih dan mengatur pencahayaan merupakan salah satu poin penting dalam food photography. Kamu nggak bisa asal-asalan mengatur lightning. Pencahayaan yang nggak tepat akan membuat tampilan foto jadi kurang sedap. 

3. Punya Perspektif yang Luas

Food photographer haruslah bisa memilih banyak sekali perspektif. Jangan memotret dengan satu saja sudut pandang. Coba untuk mengambil foto dari sudut yang berbeda dan rasakan hasilnya. 

4. Mengerti Komposisi Warna

Foot photographer juga harus mengerti komposisi warna bagaimana yang seharusnya ditonjolkan. Pengetahuan ini bisa didapat dengan banyak praktik. Semakin kamu bereksperimen, makin banyak pula hasil baik yang akan kamu dapat. 

Nyatanya, jadi food photographer nggak segampang itu kok. Kamu tetap perlu untuk berlatih semakin sering agar kualitas foto semakin ciamik. kalau portofolio kamu sudah makin bagus, jangan ragu untuk memasang tarif sesuai dengan jerih payah kamu. 

Intinya, Tantangan tersendiri buat food photographer adalah kemampuan untuk memberi ‘nyawa’ pada sebuah makanan hingga orang yang memandang terangsang buat makan. Gimana nih? sudah siap menghadapi tantangan ini? yuk coba jadi food photographer!

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by