Welber Jardim

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Welberlieskott de Halim Jardim, umumnya dikenal sebagai Welber Jardim (lahir 25 April 2007) adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain sebagai bek kanan untuk klub Brasil São Paulo FC.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Banjarmasin, Welber Jardim adalah putra mantan pesepakbola Elisangelo Jardim de Jesus, dikenal sebagai Jardim, yang bermain untuk Persekaba Badung dan Persiba Balikpapan di Liga Indonesia, dan seorang ibu berkewarganegaraan Indonesia, juga berasal dari Banjarmasin.

Karier Klub[sunting | sunting sumber]

Pada usia lima tahun, keluarganya pindah ke Brasil, dan dia dilaporkan menghabiskan tiga tahun bersama tim profesional Palmeiras sebelum bergabung dengan tim amatir lokal Centro da Corôa pada tahun 2017. Tahun berikutnya, dia bergabung dengan akademi tim profesional São Paulo, dan melanjutkan kariernya. untuk memenangkan Piala Gothia edisi 2019, Piala Dana, dan Piala Madewis yang masing-masing diadakan di Swedia, Denmark, dan Prancis.

Karier Internasional[sunting | sunting sumber]

Welber Jardim berhak mewakili Brasil dan Indonesia di tingkat internasional. Pada bulan Maret 2023, ayahnya menyatakan bahwa jika dia didekati oleh Indonesia, Welber Jardim akan menerima panggilan mereka. Kemudian di tahun yang sama, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berusaha memanggil Welber Jardim ke tim U-17 Indonesia, namun gagal mengirimkan korespondensi permintaan kehadirannya ke klubnya, São Paulo, dan malah hanya menanyakan kepada orang tuanya. Manajer Indonesia U-17, Bima Sakti, kemudian mengklarifikasi bahwa PSSI telah menghubungi orang tua Welber Jardim untuk mengonfirmasi ketersediaannya untuk timnas Indonesia.

Setelah mengonfirmasi ketersediaannya, Bima Sakti memanggil Jardim ke dalam skuat untuk pertandingan latihan pada Agustus 2023. Ia tampil dalam kemenangan 3-0 melawan tim U-17 Persis Solo, sebelum kembali ke São Paulo, yang hanya melepasnya untuk dua pertandingan. minggu untuk menghadiri kamp pelatihan.

Gaya Permainan[sunting | sunting sumber]

Didominasi sebagai bek sayap kanan, Jardim juga beroperasi di posisi yang lebih tinggi sebagai pemain sayap kanan, dan dijuluki Neymar dari Indonesia oleh media lokal di Brasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]