Login

Register

Login

Register

Insight

Tutorial Membuat Video Untuk Materi Mentor

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagi kalian yang telah mendaftarkan diri sebagai mentor di Bizlab pasti merasa bingung dan muncul berbagai pertanyaan seperti ini

Bagaimana sih caranya membuat video untuk materi yang akan disampaikan?

Apakah harus menggunakan kamera untuk merekamnya?

Bagaimana kalo saya tidak punya skill untuk mengedit  video?

Kebingungan akan membuat video dalam menyampaikan materi kerapkali dirasakan oleh para mentor yang sudah terdaftar di Bizlab. Hal tersebut menjadi kendala bagi mereka yang ingin membagikan ilmu pengetahuan melalui platform Bizlab. Nah dalam artikel ini kita akan membahas secara tuntas bagaimana caranya membuat video untuk materi yang akan disampaikan oleh mentor nanti. Seperti yang kita ketahui bahwa Bizlab menyediakan kelas online. Apabila secara online maka mau tidak mau mentor harus membuat sebuah video yang berisi tentang materi yang akan mereka sampaikan agar nantinya dapat diakses oleh orang-orang yang telah membeli kelas online tersebut.

Sebenarnya tidak sulit bagi mentor untuk membuat video materi. Kamu tidak harus memiliki kamera terlebih dahulu. Dengan menggunakan kamera handphone kamu dapat merekam materi yang akan kamu sampaikan secara detail dan gampang dimengerti. Zaman yang sudah serba canggih ini membuat kamera handphone juga dapat dipakai untuk membuat vlog, video dokumentasi maupun video untuk materi mentor.

Kamera pun tentu bukan menjadi suatu masalah besar bagi Bizlab. Nah, setelah masalah kamera teratasi berikut akan dijelaskan mengenai tutorial bagaimana caranya membuat video untuk materi mentor.

Dalam pembuatan video untuk materi mentor, ada tiga bagian yang harus diperhatikan secara teliti oleh para mentor Bizlab, yaitu opening atau pembukaan, isi/bahasan serta penutup. Nah, di bawah ini kita akan membahas satu per satu mengenai tiga bagian tersebut

1. Opening atau pembukaan

Pembukaan menjadi ajang bagi para mentor untuk memberikan kesan pertama yang bagus bagi pembelinya. Untuk itu, diharuskan bagi para mentor ketika membuat video opening harus terlihat tubuhnya agar pembeli dapat melihat ekspresi muka mentor, gaya tubuh mentor dan gaya bicaranya. Pasalnya tidak menutup kemungkinan akan ada kelas offline sehingga pembeli akan semakin yakin dengan pembawaan dari sang mentor.

Berikut adalah tips bagi para mentor dalam membuat video opening:

  • Usahakan terlihat tubuh mentor baik terlihat secara full body maupun setengah badan saja. Hal ini dilakukan agar pembeli dapat melihat mentor dalam berbicara.
  • Menjelaskan keahlian mentor dan pengalaman mereka dalam membawakan materi yang akan disampaikan.
  • Mengajak pembelinya untuk belajar dengan tagline “Ayo Belajar”.

2. Isi/bahasan

Dalam menyampaikan isi/bahasan materi diharapkan para mentor dapat menyampaikan dengan semaksimal mungkin supaya mudah dimengerti oleh pembelinya. Nah untuk menyampaikan  bahasan mentor tidak perlu terlihat full body atau setengah badan seperti saat membuat video opening. Mentor hanya perlu menampilkan judul dari subtopiknya lalu kemudian melakukan record suara dan menyampaikan materi terkait subtopiknya tersebut.

Berikut ada dua tips bagi para mentor dalam menyampaikan isi/bahasan

  • Saat menyampaikan isi/bahasan, mentor harus merekam minimal dua menit per subtopik.
  • Apabila lebih dari dua menit tentu sangat diperbolehkan. Semakin banyak materi yang akan disampaikan maka semakin baik dan akan berpengaruh terhadap penentuan harga dari materi yang akan dijual.

3. Penutup

Nah setelah membuat rangkaian video-video tersebut, maka mentor dapat memasukkannya ke dalam google drive masing-masing dan dapat dikirimkan ke email Bizlab. Mudah bukan? Apabila belum mengerti maka kamu dapat melihat video tutorialnya langsung di sini.

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana membuat konten materi dengan cara yang sangat sederhana melalui salah satu tools yang bernama Loom. Untuk mengetahui hal tersebut, subscribe terlebih dahulu bagi kamu yang sudah mendapatkan diri menjadi mentor di Bizlab supaya mendapatkan artikel selanjutnya lewat email.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by