Tools Menulis Konten yang Baik

woman typing on laptop
Bagikan

Jika ada suatu skill yang bisa ditingkatkan kemampuannya, itu adalah skill menulis. Semua orang bisa menjadi penulis yang baik. Menulis bukan hanya tentang menuangkan pikiran dan ide kamu.  Menulis juga dapat menciptakan sesuatu yang baru, menghilangkan stress, membawa pikiran mengembara, dan membuat pikiran mu menjadi lebih baik. Untuk memperlancar kegiatan menulis tentu dibutuhkan tools menulis konten yang betul-betul bisa membantu penulis.

Namun bagi sebagian orang, menulis tampaknya menjadi sesuatu yang mustahil dilakukan, sesuatu yang berat untuk dimulai.  Memang tidak selalu mudah menuliskan pemikiran atau ide dengan bentuk tulisan yang bermakna, namun dengan berbagai tools menulis konten yang tersedia, kamu dapat memulai menulis kapan saja saat kamu mendapatkan ide untuk tulisanmu. Dengan tools yang tersedia, kamu akan mendapatkan umpan balik, saran untuk tulisan yang lebih baik.

Bagi kamu freelancer writer, full time, part time atau yang berprofesi sebagai penulis profesional, baik itu content writer, copywriter, blogger, berikut ini adalah tools yang dapat membantu kamu menjadi penulis konten yang baik.

Grammarly

Jika kamu penulis konten bahasa inggris, Grammarly adalah tools yang tepat untukmu, membantumu menulis konten yang baik. Grammarly adalah alat untuk memeriksa kesalahan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan mengecek plagiarisme. Grammarly dapat menghemat waktu kamu dengan menemukan kesalahan dan menyarankan yang benar. Alat ini juga dapat menghapus kesalahan-kesalahan penulisan kalimat yang sering dilakukan oleh seorang penulis konten. Ini berguna untuk meningkatkan tulisan sehingga dapat menyesuaikan konten dengan audiens target. Grammarly tersedia pada aplikasi desktop, android, situs web.

Hemingway 

Ingin membuat tulisan mu lebih efektif? Gunakan Hemingway Editor. Hemingway Editor membantu kamu membuat konten yang singkat dan jelas sehingga orang dapat membacanya dengan mudah. Alat ini menganalisa kalimat yang panjang dan kompleks dan menyarankan alternatif kalimat lain untuk meningkatkan alur kalimat dan keterbacaan. Alat ini tersedia dalam aplikasi web gratis yang dapat digunakan untuk tujuan komersial atau pribadi. Namun ada juga aplikasi desktop dengan versi berbayar.

Coschedule

Jika kamu seorang penulis konten, blogger, atau copywriter, kamu pasti sangat memahami pentingnya membuat judul yang menarik. Judul adalah tulisan konten pertama yang sering kali menjadi alasan utama mengapa orang ingin membaca tulisan kamu. Alat ini mengklaim sebagai Headline Analyzer no. 1 di Internet. Alat ini menganalisa keseluruhan struktur, tata bahasa, panjang kalimat, kata kunci, dan keterbacaan judul. 

Typoonline

Ada kalanya seorang penulis konten berada pada situasi yang mendesak, dikejar tenggat waktu, dan harus menyetorkan tulisan yang baik tanpa kesalahan. Kesalahan dalam pengetikan atau typo seringkali terjadi. Dengan typoonline, kamu bisa merevisi atau memeriksa tulisan mu secara otomatis dan cepat agar sesuai kaidah bahasa indonesia yang benar. Typoonline dapat digunakan secara gratis. Kamu tinggal copy-paste dokumen mu atau mengetik langsung di websitenya.

Ubersuggest

Ubersuggest adalah salah satu alat SEO yang paling populer di kalangan penulis konten dan profesional SEO. Alat ini membantu kamu mendapatkan strategi unggul dengan cara menawarkan kepada kamu database kata kunci terbesar yang pernah tersedia dan ratusan juta ide konten. Selain itu, tools ini juga  membantu mu  memahami strategi SEO pesaing sehingga kamu dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan di situs web kamu yang mungkin jadi penghambat berkembangnya situs web mu.

Nah, itulah beberapa tools untuk menulis konten yang baik yang dapat membantu kamu tetap fokus menjalani karirmu dan terus termotivasi untuk tetap menulis dengan perasaan senang dan mengasyikan tentunya, sehingga tulisanmu menjadi lebih baik dan menarik. Manakah dari tools itu yang menjadi favoritmu? Selamat menulis