Tips Menjadi Penulis Konten Yang Baik

happy young asian student doing homework and listening to music with earphones
Bagikan

Apakah kamu ingin belajar bagaimana memulai menulis konten?

Menulis konten adalah pekerjaan impian bagi banyak orang. Beberapa orang menulis konten di surat kabar atau artikel, dan yang lainnya menjadi penulis sukses. 

Di era digital ini, dimana ada banyak situs konten online, hanya mengandalkan menulis yang ada di pikiran saja tidaklah cukup. 

Apa yang membuat para penulis menjadi sukses dalam pekerjaan mereka?

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh penulis yang sukses.

Tapi, sebelum itu mari kita kenali siapa itu penulis konten atau content writer. 

Seorang penulis konten adalah penyusun konten untuk mengkomunikasikan pesan kepada audiens target. Secara sederhana pekerjaannya adalah meneliti dan menulis di blog, konten web, skrip untuk video, podcast, dll.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan siapa penulis konten itu. Sekarang, mari kita selami tips menjadi penulis konten yang baik.

Penulisan konten melibatkan banyak penelitian

Agar ide konten terus mengalir, kamu harus sering memasuki zona penelitian. Penelitian tidak boleh langsung diikuti dengan penulisan dan perencanaan. Luangkan waktu sebentar. Setelah kamu menemukan ide untuk menulis, lakukan penelitian lebih lanjut. Tapi, sekarang khusus pada topiknya. 

Notepad, buku tulis, atau apapun itu akan menjadi teman baik yang selalu menemanimu untuk terus menulis hal-hal yang berkaitan dengan ide atau topik. Kamu akan selalu banyak referensi yang bisa dicari dan ditulis, tapi ide-mu tentang bagaimana melanjutkan bagian-bagian dari konten yang akan ditulis, perlu ditulis juga. 

Keterampilan seorang penulis konten

Menulis dengan gaya yang percis sama dengan penulis lain, bukanlah cara kamu menulis konten. Kamu akan banyak menemukan penulis yang memiliki gaya yang unik. 

Ambil inspirasi dari gaya mereka, tapi tidak harus menirunya. Karena setiap orang berbeda dan memiliki kepribadian yang unik sehingga memiliki gaya penulisan yang bervariasi.

Dengan demikian, gaya penulisan adalah identitas seorang penulis.

Tetap pada topik

Setiap bagian konten ditulis untuk satu topik. Tetap pada titik ini dan hindari mengembara ke topik yang berbeda. Tentu saja, tidak masalah membahas sedikit hal-hal terkait, tapi pastikan kamu tidak mencampur ide yang berbeda dalam satu konten. Ketika kamu mengedit bagian konten, hilangkan poin-poin yang tidak selaras dengan topik. 

Perspektif kreatif penulisan konten

Kalau kamu menulis sebuah konten yang sudah ada di internet, lalu perbedaan apa yang kamu miliki? Ini bukanlah cara untuk memulai menulis konten. Setiap konten memiliki tiga faktor utama: topik, ide, dan tampilan. Topik dan ide sudah ditentukan sebelum memulai konten, kamu tahu apa yang akan kamu tulis, tapi tampilan konten juga perlu diperhatikan. Buatlah tampilan artikel atau blog berbeda dengan yang lain. 

Buatlah judul dan paragraph utama yang memikat pembaca

Kita ambil contoh sebuah artikel dengan judul: Pendahuluan tentang cara memulai penulisan konten. Kemudian, kamu menemukan artikel lain dengan judul: 6 tips unik untuk berkarir dalam menulis konten.

Kedua artikel tersebut mungkin berisi jenis pengetahuan dan konten yang sama, tetapi judul kedua tampaknya lebih menarik untuk dibaca. Pembaca akan memutuskan apakah mereka akan membaca konten secara lengkap atau tidak hanya dari judul maupun paragraph pertama.

Tidak boleh melebih-lebihkan dan tetap sederhana

Saat kamu menulis, ingatlah audiensmu dan jaga agar konten tetap sederhana dalam penempatan kata-kata. Bahkan seorang anak dapat memahami apa yang kamu coba sampaikan. Jika anda menulis sebuah berita, jangan merubah, membesar-besarkan, dan memberikan definisi baru.

Pengoreksian konten secara detail

Pertama, pengeditan untuk menghilangkan dan merubah kalimat yang tidak sesuai dengan alur konten.

Kedua, koreksi pada ejaan, tanda baca.

Ketiga, kamu baca lagi konten kamu, untuk memastikan semuanya baik.

Jika bakat menulis kamu dipadukan dengan tips menulis yang baik, tidak ada yang dapat menghentikan kamu menjadi penulis yang sukses.