Ternyata Gak Sama, Inidia 4 Perbedaan Ilustrator dan Desain Grafis yang Patut Kamu Ketahui

Bagikan

Mendengar kata illustrator dan desain grafis apa yang terbayang di benakmu? Yash! sebagian besar menganggap kedua profesi ini adalah bidang yang bergelut dengan berbagai kegiatan seni, gambar, dan berbagai desain apapun kan.

Betul banget sobat Bizlab, sebagian orang pasti akan menjelaskan kedua bidang ini kurang lebih seperti pengertian tersebut. Walaupun sama-sama menghasilkan output sama yaitu berupa visual, tapi nyatanya kedua bidang ini berbeda lo.

Oh ya?

Yap bener banget, illustrator dan desain grafis memiliki beberapa perbedaan dalam ranah jobdesk yang berbeda. Sebelum masuk ke sana, ada baiknya kita mengerti pengertiannya terlebih dahulu.

Dikutip dari Career Explorer, Ilustrator adalah seniman yang membuat gambar dua dimensi untuk kebutuhan berbagai perusahaan dan industri. Seperti industri fashion, buku, majalah, medis, situs web, maupun periklanan.

Sedangkan desain grafis merupakan bentuk seni lukis untuk mengatur atau menciptakan elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, di atas suatu media. 

Lantas apa saja perbedaan dari kedua bidang ini?

Tanggung Jawab

Dari segi tanggung jawabnya, kedua bidang ini cukup perbeda. Ilustrator bertanggung jawab membuat sebuah karya visual berupa ilustrasi dan memiliki cerita, ilustrasi juga biasanya lebih menekankan pada unsur seni dan estetik.

Sedangkan desain grafis bertanggung jawab membuat desain visual yang bertujuan untuk menyampaikan promosi, pesan, atau menjual sebuah produk.

Perbedaan Hasil Karya

Walaupun sama-sama menghasilkan karya visual yang menarik tapi kedua bidang ini menghasilkan sebuah karya yang berbeda. Ilustrator biasanya digunakan dalam majalah, buku, komik dan lainnya sedangkan desain grafis biasanya berupa desain logo, website, media sosial, hingga flyer.

Perangkat Kerja

Ilustrator biasanya lebih fokus utama pada perangkat digital Adobe Ilustrator untuk menciptakan vector atau ilustrasi yang indah. Tapi tak jarang illustrator juga menggunakan Adobe Photoshop untuk menambahkan beberapa efek gambar tertentu. Sedangkan desain grafis cenderung lebih banyak menggunakan perangkat yang lebih banyak. Desain grafis dapat menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, maupun Adobe InDesign.

Tempat Kerja

Bahkan perbedaan dapat juga dilihat dari tempat kerja kedua bidang ini. Seorang illustrator biasanya tidak melulu berada di kantor tapi terkadang berada di studio seni untuk membuat karyanya. Sedangkan desain grafis, umumnya bekerja di kantor maupun freelance.

Untuk kamu yang mulai tertarik pada bidang ini atau bahkan ingin mengembangkan lebih lanjut skill illustrator atau desain grafis mu, kamu bisa bergabung di beberapa kelas-kelas desain di Bizlab berikut ini agar semakin mengasah skill desain mu. Selamat belajar ya!

Leave a Reply