Sudah Seharusnya Kamu Manfaatkan Microblogging Instagram Untuk Branding

Bagikan

Pernah lihat postingan instagram dengan gambar berisi tulisan  dengan banyak slide? Nah, gambar berisi tulisan itu dinamakan microblogging instagram. Sebenarnya, nggak harus banyak slide sih. Asalkan instagram itu berisikan informasi menarik macam blog, suatu konten tersebut bisa disebut microblogging. Cuma memang yang populer saat ini adalah penggunaan teks pada gambar dengan banyak slide. Saat ini, banyak banget perusahaan maupun perorangan yang menggunakan microblogging sebagai salah satu cara untuk mengenalkan brand mereka. 

Pengertian Microblogging

Gambaran microblogging secara umum sendiri adalah konten yang dibuat secara cepat untuk tujuan interaksi audiens yang cepat. Microblogging melibatkan pengguna media sosial untuk praktik menulis dalam versi pendek dan singkat. Lewat microblogging kita bisa mendapatkan banyak info penting termasuk tips and trick, berita penting dan kiat-kiat. 

Di instagram, microblogging bukanlah semacam tulisan panjang 800 kata di sebuah blog. Microblogging di instagram mempersingkat inti dari tulisan tersebut dalam sebuah visual dengan sedikit penjelasan tulisan di dalamnya. 

Selain instagram, twitter juga punya gaya microblogging sendiri. Contoh yang paling populer adalah pembuatan thread twitter dengan topik bahasan tertentu. Pada saat thread twitter dibuat, pembaca thread juga bisa berkomentar bahkan sebelum sebuah thread selesai dibuat. Sayangnya, microblogging twitter cuma bisa menampung sedikit karakter sehingga penulis harus berfikir secara jeli untuk mengatur kata-kata. Contoh thread sendiri seperti ini:

Bagaimana dengan instagram? apakah follower juga bisa berkomentar? Di instagram, pengguna bisa berkomentar setelah postingan selesai diterbitkan. Kelebihannya, karena sifatnya visual, instagram bisa menarik perhatian atau komentar netizen jauh lebih cepat. Sebagian besar netizen merasa lebih tertarik dengan konten yang bersifat memanjakan mata.  Contohnya sendiri bisa dilihat di link berikut:

Di blog manual, kamu nggak akan bisa berkomentar secara cepat. Interaksi harus membutuhkan waktu sedikit lama: kamu harus login terlebih dahulu, mengisi alamat email untuk berkomentar dan menunggu persetujuan pemilik blog. Blog manual membuat interaksi jadi tersendat. 

Untuk Keperluan Branding, Microblogging di Instagram Boleh Dicoba

Dengan kekuatan visual dan kemudahan informasi tersebar, membuat microblogging di instagram bisa jadi opsi untuk perkuat branding. Kamu boleh banget menambahkan banyak informasi terkait sesuatu yang kamu bahas. Tinggal pilih saja gaya microblogging instagram kamu: mau lebih banyak slide dengan caption di gambar atau pakai gaya menerangkan sesuatu di caption dengan batasan 2200 karakter?

Usahakan untuk membahas sesuatu yang terkait dengan citra diri kamu. Misalkan saja kamu seorang dokter kulit, maka silahkan membuat konten mengenai bahaya pemutih kulit, skincare yang tidak berbahaya untuk kulit, dan lain sebagainya.  Semakin sering kamu mengulas topik yang terkait, makin bagus pula engagement yang bakal kamu dapat. 

Kelas ini bisa membuat kamu mahir dan konsistem membuat microblogging:

Leave a Reply