Subscription Economy: Beralih ke Subscription Business Model

Bagikan

Source: Unsplash

Sobat Bizlab, sudah berapa banyak akun berlangganan yang anda punya? 

Definisi Subscription

Di era digital ini, kata subscription mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Subscription pada dasarnya diartikan sebagai langganan dalam bahasa Indonesia. Sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan model bisnis langganan pada konsumennya.

Kita ambil contoh saja platform hiburan yang saat ini sedang diminati di kalangan milenial, Spotify dan Netflix. Munculah sebuah istilah yang disebut sebagai subscription economy dalam dunia bisnis yang mungkin masih belum sering terdengar. Dalam artikel ini kita akan lebih mengenal tentang subscription economy dan apa yang menjadi kelebihannya.

Yuk, kita simak bersama-sama!

Pengertian Subscription Economy

Mengenal Apa Itu Subscription Economy

Subscription economy merupakan sebuah istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Zuora, software company yang menyediakan software untuk bisnis yang ingin meluncurkan layanan berbasis langganan mereka. Istilah subscription economy menggambarkan lanskap bisnis baru dimana perusahaan tradisional pay-per-product (atau layanan) bergerak menuju model bisnis berbasis langganan.

Perkembangan subscription economy dapat dikatakan sangat cepat dan progresif. Dilansir dari Zuora, subscription economy telah berkembang 6x lebih besar (435%) selama 9 tahun ini. Semakin banyak perusahaan-perusahaan yang beralih dari model pay-per-product ke subscription business model ini. Ada beberapa juga yang menggabungkan kedua model ini untuk melengkapi layanan mereka.

Perusahaan seperti Gojek dan Grab yang mulanya hanya menawarkan layanan sekali pakai juga sudah mulai mencoba fitur voucher berlangganan untuk konsumen mereka.

Model bisnis berlangganan ini mulai banyak dilirik seiring berubahnya perilaku konsumen di era disrupsi ini. Dengan banyaknya produk-produk yang bersaing di pasar, perusahaan harus mencari cara untuk memahami kebutuhan konsumen dan mempertahankan mereka. Karena itu, subscription business model menjadi salah satu cara yang tepat untuk digunakan sebagai solusi.

Alih-alih hanya melakukan kontak sekali waktu dengan model pay-per-product, subscription business model menawarkan cara untuk menjalin hubungan yang lebih lama dengan konsumen. 

In this new era, it’s all about relationships” -Zuora

Hubungan dengan konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh sebuah brand. Melalui hubungan yang bersifat long term, akan lebih mudah nantinya bagi brand untuk membangun customer loyalty

Tak hanya bicara soal mempertahankan konsumen, model bisnis ini punya banyak keunggulan yang bisa menjadi bahan pertimbangan para pemilik bisnis. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki, model bisnis berlangganan akan tumbuh dengan pesat kedepannya.

Keunggulan Menggunakan Subscription

Dikutip dari Gartner, diperkirakan pada tahun 2023, 75% organisasi yang menjual produk atau layanan langsung ke konsumen akan menawarkan layanan berlangganan. Pada artikel ini, kami akan merangkum untuk anda apa saja yang menjadi keunggulan dari subscription economy.

  1. Pendapatan yang Pasti dengan Subscription Business Model

Sistem berlangganan bisa dikatakan dapat “mengunci” konsumen dalam jangka waktu tertentu. Dengan sistem yang menciptakan pembayaran berulang ini, bisnis yang menyediakan layanan ini akan memiliki pendapatan yang pasti dan dapat diprediksi kedepannya. Hal ini dapat membantu kegiatan operasional bisnis dapat tetap berjalan. 

  1. Pengeluaran yang Lebih Rendah Untuk Customer Retention

Customer retention menjadi salah satu aktivitas yang memakan cukup banyak budget dalam suatu bisnis demi untuk mempertahankan konsumen. Dengan menggunakan subscription business model, perusahaan tidak perlu mengeluarkan begitu banyak budget karena konsumen akan secara otomatis membeli dari kita secara teratur. Kita pun sebagai perusahaan dimudahkan karena bisa secara langsung memberi notifikasi kepada pelanggan apabila ada informasi baru terkait produk.

  1. Peluang Ekspansi Pendapatan

Ketika seorang konsumen sudah berlanggan produk atau layanan kita, kita dapat mempunyai kesempatan dalam jangka waktu yang lebih panjang untuk membuat mereka nyaman dan puas dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan itu, perusahaan akan mempunyai peluang lebih besar dalam memberi penawaran untuk upgrade layanan berlangganan ke paket yang lebih premium.

Mengenal Subsdaily

Subsdaily, Platform Berkarya dengan Subscription Business Model

Tak hanya perusahaan yang menjual produk dan jasa, kreator-kreator juga memakai platform berbasis langganan dalam memproduksi konten-konten untuk subscriber mereka. Subsdaily, salah satunya, merupakan platform yang memungkinkan kreator mengirimkan newsletter atau konten rutin setiap harinya untuk pelanggan, follower atau komunitas yang terus ingin belajar dari mereka melalui WhatsApp setiap pagi dan malam hari. 

Dengan Subsdaily, kreator berkesempatan menjangkau subscriber secara personal melalui pemberian konten via Whatsapp. Bukan mereka yang mendatangi kreator, melainkan kreator yang mendatangi mereka. 

Jadi, tunggu apalagi? Bergabung sekarang di Subsdaily dan jadi bagian dari Subscription Economy. 

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya

Sumber:

  1. Zuora
  2. Force Management
  3. Chargebee Blog

Leave a Reply