Stasiun Pangkajene

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Stasiun Pangkajene (PKJ) adalah stasiun kereta api kelas besar yang terletak di wilayah, Male'leng, Desa Kabba, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan, Indonesia. Nama "Pangkajene" yang digunakan sebagai nama stasiun ini diambil dari nama kabupaten tempat stasiun ini dibangun. Stasiun ini merupakan stasiun kereta api yang dekat dengan pusat ibu kota Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, dan menjadi stasiun yang letak nya paling selatan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Stasiun Pangkajene terletak di jalur kereta api Trans-Sulawesi yang nantinya menghubungkan Makassar dan Parepare. Stasiun yang berada diketinggian 1 mdpl ini, terletak di antara Stasiun Rammang-Rammang dan Stasiun Labakkang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Stasiun Pangkajene termasuk ke dalam pembangunan segmen III dari rangkaian pembangunan jalur kereta api Makassar–Parepare. Stasiun ini mulai dibangun pada tahun 2019 bersama jalur kereta api dan stasiun-stasiun di lintas Tallo–Mandalle.[2] Pembangunan Stasiun Pangkajene selesai dilaksanakan pada akhir tahun 2022 dan telah dilakukan soft launching pengoperasian kereta api dengan relasi Maros–Garongkong oleh Menteri Perhubungan pada tanggal 2 Desember 2022.[3]

Layanan kereta api[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini sesuai Gapeka Sulawesi Selatan 2022.

Penumpang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]