fbpx

Insight

Sosial Media Manager: Yuk, Kenalan dengan Pekerjaan Ini!

sosial media manager
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ragam pekerjaan di dunia media internet terus bertambah ya, sobat Bizlab! Salah satu jenis pekerjaan yang paling dicari di saat ini adalah sosial media manager. Sebenarnya, jenis pekerjaan apa ini? Mengapa banyak perusahaan membutuhkannya?

At first, kamu harus tahu kalau sosial media manajer itu wajah dari suatu company. Mereka yang bekerja di bidang ini harus mampu merepresentasikan wajah suatu perusahaan. 

Dilihat dari asal katanya saja, sosial media manager itu berasal dari dua kata:

Sosial Media dan Manager.

Media Sosial adalah media kita berekspresi, sementara manager adalah dia yang mengatur dan membuat rencana. 

Kalau boleh dikata, orang yang bekerja di bidang ini adalah dia yang diberi tanggung jawab untuk mengambil seluruh keputusan mengenai media sosial. 

Bila dilihat lagi, orang yang bekerja di bidang ini adalah mereka yang berhak mengambil keputusan tentang tampilan media sosial. Buat sobat Bizlab yang ingin bekerja memanage media sosial ini harus hati-hati banget sebelum upload konten. 

Apa Aja yang Dikerjakan Seorang Sosial Media Manager?

Mereka yang bekerja di bidang ini wajib:

  1. Bisa menyusun strategi untuk menaikkan engagement media sosial
  2. Merencanakan konten apa saja yang akan ditayangkan
  3. Merencanakan promosi konten dan brand perusahaan
  4. Menghubungi dan menciptakan relasi dengan influencer lain
  5. Melaporkan performa akun media sosial
  6. Membimbing dan membawahi staff lain yang berhubungan dengan media sosial seperti designer, editor video, writer, digital marketer dan admin

Wah, banyak juga ya tanggung jawab sosial media manager sobat Bizlab? 

Untuk itu, buat kamu yang ingin bekerja di bidang ini wajib banget buat punya kemampuan riset! Kamu harus update dengan tren baru di media sosial dan tahu kabar terbaru apa aja yang sedang booming. 

Mereka yang bekerja di bidang ini juga harus selalu berkonsultasi dengan klien, menanyakan konten apa yang diinginkan klien. Terkadang, sosial media manajer juga diminta oleh klien untuk mengatur budget periklanan dan segala hal lainnya. 

Sebenarnya, kamu bisa mempelajari skill manajemen media sosial lewat hal-hal sederhana. Lewat akun media sosial pribadi, kamu bisa belajar merencanakan konten. 

Skill-skill lain macam analisa insight dan manajemen budget iklan bisa kamu pelajari dengan mengikuti kelas-kelas yang sudah tersedia. Gimana, kapan kamu mempersiapkan diri menjadi sosial media manajer?

Jangan lupa, berhubung sekarang banyak banget kelas online yang ditawarkan di Internet, sobat Bizlab bisa mencobanya untuk meningkatkan skill. Silahkan cari keahlian apa saja yang ingin kamu dalami, dan jangan lupa untuk memanfaatkannya. Mumpung #DiRumahAja, manfaatkan waktu dengan seabrek kegiatan positive, ya!

Berikan komentar