Senang Menulis? Jadikan itu Penghasilan

a man sitting on the couch
Bagikan

Mungkin masih banyak orang yang berpikiran kalau menjadi penulis bukanlah jalan untuk mendapatkan penghasilan, apalagi kalau hanya sebagai freelance writer. Mereka berpikir bidang penulisan sangat kompetitif dan tidak ada yang membayar dengan bayaran yang baik bahkan tinggi. Namun kenyataannya, banyak penulis yang memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil menulis. Hobi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari menulis.

Mendapatkan penghasilan dari menulis mempunyai banyak keuntungan, kamu bisa memilih kapan, dimana, dan dengan siapa kamu bekerja. Untuk menjadikan menulis itu sebagai penghasilan, kamu perlu tahu caranya, kamu harus mempunyai perencanaan yang konkret. Ada banyak cara mendapatkan penghasilan dari menulis dengan bayaran yang baik bahkan tinggi:

Copywriter

Tugas Copywriter adalah membuat konten kreatif untuk mempromosikan atau menginformasikan sesuatu. Bertugas untuk menulis materi tentang pemasaran untuk email, situs web, blog, katalog, marketplace, dan media sosial.

Seorang copywriter membutuhkan keterampilan dalam optimalisasi SEO dan kemampuan persuasi yang mampu menyesuaikan antara target sasaran dan klien. Menjadi copywriter tidak membutuhkan pendidikan formal. yang terpenting adalah kamu mempunyai keterampilan tersebut di atas. 

Penghasilan freelancer copywriter dapat setara dengan mereka yang bekerja di kantoran, bahkan bisa lebih besar. Berdasarkan situs indeed.com, penghasilan rata-rata seorang copywriter adalah 3.5 juta per bulan.

Content Writer

Berbicara soal gaji, seorang content writer bisa mendapatkan penghasilan rata-rata 4 juta per bulan berdasarkan bentuk pekerjaannya, apakah itu sebagai full time content writer atau freelance content writer. Penghasilan tersebut juga tergantung pada pengalaman dan jam terbang penulis. Gaji full time tentunya lebih besar, mulai dari 4jt sampai 5jt tergantung bargaining dengan perusahaan tempat bekerja. Gaji freelancer sekitar 2jt sampai 4jt. 

Untuk mendapatkan penghasilan sebesar itu tentunya harus mempunyai skill yang dapat diandalkan, seperti mampu menulis dengan berbagai jenis tulisan, originalitas tulisan, paham akan teknologi semisal SEO dan WordPress. Tugas content writer adalah menulis konten yang akan ditampilkan pada halaman blog atau website.

Blogger 

Menjadi blogger adalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Blog adalah cara kamu mengekspresikan pemikiran dan ide kamu. Kamu bisa menggunakan platform seperti WordPress untuk mempunyai blog sendiri.

Dengan platform itu, buatlah situs web, kemudian tentukan tema untuk blog kamu. Pastikan kamu membuat blog yang berkualitas dan isi konten yang bermanfaat dan menarik. 

Konten yang bermanfaat misalnya ketika pembaca menemukan solusi ketika membaca blogmu. Konten yang menarik juga perlu diperhatikan. Banyak blog yang membahas topik yang sama, cobalah mengambil sudut pandang yang lebih unik yang belum digunakan oleh blog lain. 

Kualitas SEO juga perlu ditingkatkan untuk menjaring pembaca dari mesin pencarian. Dengan kualitas SEO yang baik, konten kamu bisa menduduki peringkat pertama di mesin pencarian. 

Ada beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog. Salah satunya adalah dengan Google Adsense. Google Adsense akan menganalisa konten kamu dan akan memastikan iklan yang ditampilkan sesuai dengan konten website kamu. Daftarkan blog kamu dengan membuat akun Adsense. Bayaran per-klik iklan bervariasi tergantung pada sekitar $0.01 sampai $5. 

Platform Jual Beli Artikel 

Bagi seorang freelance content writer, platform jual beli artikel banyak diminati. Platform itu akan menghubungkan kamu dengan si pencari jasa menulis artikel dan kamu akan mendapatkan penghasilan dari tulisanmu.

Jika menulis adalah hasrat kamu yang paling dalam, tekuni dan jadilah penulis profesional dan menjadikan tulisan kamu sebagai penghasilanmu.

Jadi, karir menulis yang mana yang ingin kamu coba dan kuasai?