fbpx

Insight

SEM itu Apa? SEO itu Apa? Ketahui Perbedaannya.

SEM
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Pelaku bisnis digital haruslah paham mengenai SEO dan SEM. Dengan mengetahui kedua ilmu tersebut, sesungguhnya kamu sedang melangkah menuju step yang lebih jauh lagi dalam bidang pemasaran bisnis. Tentu saja, mengetahui keduanya akan membuat produk yang kamu jualkan lebih maksimal dipromosikan. 

Tunggu Dulu, Sebenarnya SEO Itu Apa Sih?

SEO (search engine optimization) merupakan teknik optimasi website agar website dan konten di dalamnya menempati halaman pertama search engine. Semakin baik teknik SEO yang digunakan, semakin banyak pula trafik yang didatangkan sehingga akan terjadi banyak reaksi yang diharapkan diantaranya misalkan saja terjadi pembelian produk yang kamu jual. 

SEO menggunakan kata kunci tertarget. Dengan teknik kata kunci yang tepat, konten dan website yang dibuat akan terindeks google dan mampu masuk ke halaman pertama google. 

Seiring berkembangnya teknologi, teknik SEO juga selalu berubah-ubah. Teknik SEO nggak bisa sama dari waktu ke waktu. Tetapi, SEO punya dua jenis komponen yang selalu sama dari waktu ke waktu: SEO on page dan SEO off page. 

1. SEO on page 

SEO on page merupakan teknik SEO untuk memaksimalkan komponen website itu sendiri semacam loading website, heading dalam artikel, meta deskripsi, tag, penggunaan gambar dan segala macamnya. 

2. SEO off page

SEO off page merupakan teknik optimasi SEO di luar website itu sendiri. Contoh SEO off page adalah menautkan link website pada website berbeda dengan niche sama. SEO off page harus hati-hati dalam penerapannya karena salah-salah bisa dianggap sebagai spam oleh pihak google. 

Lha Terus, SEM itu Apa? Apakah SEO dan SEM Saling Berkaitan?

Antara keduanya tentu saja saling berkaitan. SEM (Search Engine Marketing) merupakan bentuk pemasaran promosi website dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas website tersebut di halaman mesin telusur. Aktivitas SEM biasanya termasuk mengikuti klik PPC dan iklan-iklan macam google ads. Jangkauan SEM lebih besar. Bisa dibilang SEM termasuk SEO. Tetapi, SEO belum termasuk SEM. Tetapi, SEM nggak akan bisa berhasil dengan mudah tanpa teknik SEO yang baik. 

One thought on “SEM itu Apa? SEO itu Apa? Ketahui Perbedaannya.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by