Login

Register

Login

Register

Insight

Seberapa Penting Personal Branding Untuk Karir?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap orang ingin memiliki ciri khas tersendiri yang ada di dalam dirinya agar dapat dikenal oleh orang banyak. Rasanya dengan demikian maka kamu tidak perlu lagi memperkenalkan diri kamu secara terus-menerus karena  mereka telah mengenalmu sebagai salah satu orang yang memiliki ciri khas. Apabila kamu sudah sampai pada tahap tersebut, maka tidak perlu khawatir lagi akan jenjang karir yang akan kamu capai. Setiap perusahaan tentu akan melirikmu dengan senang hati dan setiap usaha yang kamu buat akan berjalan dengan lancar.

Menjadi sukses atas semua usaha yang telah dilakukan tentu merupakan impian semua orang. Banyak cara untuk membuat kita menjadi sukses pada masa depan nanti. Salah satu cara yang dapat dilakukan sejak dini adalah personal branding. Personal branding tentu merupakan cara yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Mengapa? Karena kamu hanya perlu yakin pada skill yang kamu miliki serta kemampuan dan keahlian diri sendiri. Terlebih saat ini banyak sekali media sosial yang berteberan di dunia maya. Lewat media sosial, kamu dapat menjual kemampuanmu secara terus-menerus agar orang mengenalmu sebagai seseorang yang memiliki ketrampilan di bidang tertentu.

Lalu pertanyaannya adalah, seberapa penting personal branding untuk karir kedepannya? Personal branding memiliki peran yang sangat penting dalam menggapai karirmu kedepannya. Dengan personal branding secara efektif, kamu dapat menjadi ahli dalam bidang tertentu, membangun reputasi yang solid dalam industri tertentu, serta meningkatkan reputasi dan nama baik di pasaran.

Personal branding dapat dilakukan sejak dini tidak perlu menunggu lulus kuliah terlebih dahulu. Apabila kamu memiliki keahlian tertentu, maka tekuni hal tersebut dan ceritakan apa yang kamu sukai di media sosial. Dengan demikian, maka secara tidak langsung kamu sudah melakukan personal branding secara perlahan-lahan. Nantinya, orang-orang akan mengenalmu sebagai sosok pribadi yang menonjol di dalam bidang tertentu. Apabila kamu suka menulis, maka post tulisanmu ke dalam blog pribadi. Apabila kamu suka memotret, maka post gambar terbaikmu di akun instagram.

Dengan personal branding, kamu juga dapat mengembangkan bisnismu Contoh saja seorang Dochi Sadega, bassist Pee Wee Gaskins. Ia telah memperkenalkan dirinya sebagai seorang anak band yang sangat keren. Pada suatu ketika ia membuat clothing line yang bernama SundaySundayCo dan memperkenalkan brand tersebut sebagai brand yang  memiliki logo es krim. Dengan demikian, maka masyarakat akan mengingat bahwa setiap ia melihat es krim maka ia akan mengingat brand SundaySundayCo milik Dochi Sadega.

Contoh di atas menggambarkan bahwa Dochi Sadega sudah mencapai tujuan dari persona branding. Tujuan personal branding sendiri adalah agar bisa memiliki identitas diri yang menonjol dan berbeda dari yang lain sehingga nantinya hal tersebut akan diingat oleh masyarakat pada umumnya.

Kunci dari semua itu sebenarnya adalah konsisten. Apabila di tengah jalan kamu berhenti melakukan personal branding, maka bisa jadi orang-orang akan melupakanmu karena mereka mengira kamu sudah berhenti dalam bidang tersebut. Tetap semangat dan fokus dengan apa yang kamu lakukan saat ini.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by