fbpx

Insight

Salah Kaprah Pemahaman Istilah: Remote Working, Part Time dan Freelance

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Trend kerja saat ini menunjukkan ketertarikan yang luar biasa akan gaya bekerja remote. Pekerjaan ini jadi salah satu yang diidam-idamkan mereka yang malas keluar rumah. Bekerja dengan cuma bermodalkan pakaian santai jadi semacam hal yang menarik buat mereka kaum milenial.

Sayangnya, masih ada beberapa orang yang nggak paham dengan trend bekerja ini. Sebagian orang merasa asing dengan trend  kerja jarak jauh. Bahkan, ada beberapa yang mengira kalau bekerja remote sama dengan kerja parti time dan freelance. Buat kamu yang masih bingung, berikut ini beberapa hal yang harus kamu tahu seputar Remote Working. Freelance dan Part Time yang harus kamu tahu:

1. Kerja Remote

Sistem kerja remote adalah trend  kerja  jarak jauh yang berarti para pekerja remote bekerja tanpa harus pergi ke kantor maupun bertemu langsung dengan owner perusahaan. Cukup sediakan peralatan yang dimiliki dan koneksi internet yang siap sedia dimanapun berada.

Kerja remote mengharuskan kamu tetap stay connected dengan pemberi job. Meskipun kerja remote tidak diawasi, pekerja tetap harus bertanggung jawab terhadap project yang diberikan. Jangan sampai pekerjaan terlantar.

Beberapa pekerjaan yang bisa menggunakan gaya bekerja seperti ini diantaranya adalah pekerjaan dengan skill kreatif maupun IT seperti design grafis, content writer, video editor, image retoucher, dan software developer.

2. Part Timer

Part Time merupakan istilah untuk durasi kerja, bukan gaya bekerja. Seorang pekerja remote bisa jadi mengambil jam part time. Namun, seorang part timer belum tentu bekerja dengan gaya remote. Sebagian besar pekerjaan dengan durasi kerja part time masih dilakukan secara on site alias mengharuskan pekerja berada di tempat.  Contoh pekerjaa part time adala menjadi barista maupun karyawan magang di suatu perusahaan

3. Freelancer

Freelancer merupakan istilah yang lebih ditekankan sebagai durasi dan status kerja. Seorang freelancer bisa menjadi apa saja mulai dari MUA, MC panggilan, pesulap, atau bahkan seorang dancer. Freelancer hanya bekerja ketika dibutuhkan. Status ini membebaskan siapa saja untuk melakukan ekplorasi tanpa terikat jam kerja.

Berikan komentar