Relawan Anies, Prabowo dan Ganjar Suarakan Rekonsiliasi Pasca Pilpres di CFD

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Kelompok relawan Anies Baswedan-Cak Imin, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md menggelar aktivitas berbareng di Bundaran HI saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor alias Car Free Day. Agenda itu digelar untuk membujuk masyarakat kembali berasosiasi pasca Pemilu 2024.

Dalam agenda ini, tiga relawan itu berasal dari Anak Bangsa (Abas), Bison Indonesia, dan Republik for Ganjar Presiden. Mereka datang setelah konsolidasi sebelumnya.

Ketua Abas Tapanuli Tengah Hisar Parsauliaan Aritonang yang mewakili Ketua Umum Abas Raden Gusti Arif mengatakan, pihaknya sepakat rekonsiliasi dengan relawan 02 dan 03 bermaksud untuk menjaga persatuan bangsa. Mereka tidak mau ada polarisasi masyarakat yang terjadi pascapemilu 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami datang ke ke sini lantaran kesadaran sendiri. Tujuannya satu untuk persatuan. Pemilu sudah usai, saatnya berasosiasi kembali sebagai Indonesia," kata Hisar kepada detikcom di Bundaran HI, Minggu (28/4/2024).

Hisar juga menyinggung bagaiamana polarisasi masyarakat sempat terjadi pascapemilu 2019 silam. Menurutnya sejarah kelam itu jadi pelajaran krusial untuk hari ini agar tak terulang lagi.

"Kalau kami berkaca dari Pemilu 2019 silam. Waktu itu banyak korban jiwa gara-gara pemilu. Kami tidak mau itu terjadi lagi," ucapnya.

Hisar juga berambisi pemerintah sama-sama bisa mendorong dan membikin masyarakat kembali berasosiasi pascapemilu. Menurutnya dinamika pemilu 2024 ini cukup panjang mulai dari penentuan capres-cawapres hingga putusan MK.

"Kami mau menyampaikan kepada pemerintah untuk belajar dari pemilu ini. Bahwa tak bisa dipungkiri banyak gesekan yang terjadi. Sehingga kami minta 2029 ada perubahan," lanjut dia.

Setelah rekonsiliasi dilakukan di Bundaran HI, Hisar bilang Abas dan relawan lainnya sepakat untuk menggelar agenda serupa di wilayah lain. Menurutnya perihal ini krusial dilakukan agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah.

"Abas ini setiap provinsi ada. Kami dari pusat sampai kabupaten. Semua sepakat rekonsiliasi. Ini sudah petunjuk dari pusat. Nanti bakal ada lagi rekonsiliasi di setiap kota besar Surabaya, Medan. Ini mulai dari Jakarta," ungkapnya.

"Ini kami lakukan di tempat umum seperti Bundaran HI jni agar orang juga bisa memandang semangat persatuannya," imbuhnya.

Selanjutnya Koordinator Nasional Bison Indonesia Ginka Febriyanti Ginting menyebut, rekonsiliasi ini bermaksud untuk merajut kembali persatuan bangsa pascapemilu 2024. Mereka pun memberi tagar aksinya dengan #dulurelawansekarangberkawab.

"Kami dari tiga relawan ini sepakat sudah tidak ada lagi kawal capres-cawapres, tapi yang ada saat ini adalah kawal Indonesia menuju Indonesia Emas 2045," kata Ginka.

Ginka menuturkan, tindakan ini sebelumnya sempat digelar di Patung Kuda pekan lampau berbareng golongan lain. Semangatnya sama untuk memupuk persatuan.

Dia pun berpesan kepada seluruh masyarakat dan relawan di mana pun berada untuk sama-sama kembali bersatu. "Bukan hanya untuk relawan tapi untuk masyarakat Indonesia. Mari sama-sama menerima hasil dari beragam guliran kerakyatan yang sudah berjalan, mari sama-sama menerima siapapun presiden dan wakil presidennya yang terpilih lantaran itu sudah pilihan rakyat lewat proses kerakyatan yang berjalan," tutupnya.

(maa/maa)