fbpx

Insight

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Nama Start Up Kamu

nama start up
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jangan meremehkan pemberian nama pada startup kamu. Makin unik namanya, makin keren tingkat jangkauannya. Makin unik pula suatu namanya, semakin banyak pula orang yang aware dengan brand kamu. Bayangin deh. Nama yang bagus tentu bakal bikin startup kamu terngiang-ngiang di kepala orang. Setidaknya, 5 pertanyaan berikut ini wajib banget buat kamu pertimbangkan sebelum memberi nama start up kamu:

1. “Haruskah Nama Untuk Startup Sesuai dengan Tipe Bisnis yang Dijalankan?”

Banyak pebisnis menggunakan nama mereka sendiri untuk bisnis yang mereka jalankan. Namun, banyak pula yang memberi nama cenderung nggak nyambung dengan nama startup yang didirikan. Well, sebaiknya berilah nama startup kamu dengan nama yang cool, trendy atau punya nama yang berarti bagi bisnis kamu. 

2. “Harus Nggak Sih Ngabisin Budget Untuk Membranding Nama Startup Kita?”

Branding nama startup itu perlu nggak sih? Well, kalau startup kamu punya modal besar untuk melakukannya, do it. Kalau enggak, mendingan budget yang ada dipakai buat mengembangkan sisi lain dari startup macam peningkatan layanan, maintenance dan semacamnya. 

3. “Apakah Memberi Nama Startup dengan Nama Sendiri Merupakan Hal yang Bagus?”

Well, memberi nama startup dengan nama sendiri sebenarnya sah-sah saja. Dengan memberi nama startup dengan namamu, kamu akan semakin menonjolkan citra diri kamu sendiri. Namun, kamu juga mesti tahu resikonya. Ketika start up kamu berembang nantinya, nama besarmu sudah nggak penting lagi. Kamu juga harus berhati-hati dengan citra pribadi bila nggak ingin nama startup kamu ikutan terdampak.

4. “Gimana Dengan Nama yang Terlalu Spesifik dengan Lokasi? Oke Nggak Sih?”

Nama start up yang sesuai dengan lokasi sebenernya boleh juga dipake. Namun, hal ini bakal ‘membatasi’ ruang lingkup peredaran marketingnya. Nama “Bali Tech” kedengarannya memang oke. Tapi pernah nggak ngebayangin gimana jadinya bila suatu saat kamu buka cabang di kota lain, Jakarta misalnya? Bakal susah loh buat membranding suatu nama startup bila nama yang digunakan adalah nama lain dari kota tersebut

5. “Gimana Kalau Nama Start Up Kita Terlalu Mirip dengan Nama Start Up yang Sudah Ada?”

Begini ya, untuk mengenalkan sesuatu itu bukan harus jadi yang terbaik. Kamu cukup jadi yang berbeda aja. Pastikan nama start up yang akan kamu gunakan sangat berbeda dengan start up lain yang sudah ada. Nggak hanya itu, nama startup yang sudah ada bakal bikin kamu sulit untuk membuat email dan alamat websitenya. Pertimbangkan hal ini baik-baik. 

Berikan komentar