√ Pengertian Sekretaris, Fungsi, Tugas, Tujuan, Jenis dan Menurut Para Ahli

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Pendidikan.Co.Id – Sekretaris merupakan yang bekerja untuk dapat membantu ketua dalam sebuah perusahaan. Secara etimologi, pengertian Sekretaris itu berasal dari bahasa latin ialah dari kata “secretum” yang mempunyai makna rahasia, jika dalam bahasa Prancis disebut dengan julukan secretaire, dan jika dalam bahasa Belanda disebut dengan julukan secretares. Untuk lebih jelas baca tulisan dibawah ini :

Pengertian Sekretaris, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Menurut Para Ahli

Pengertian Sekretaris

Kalau diatas sudah dijelaskan pengertian sekretaris dalam etimologi sekarang dalam terminologi, pengertian sekretaris adalah orang yang kudu bisa alias bisa untuk menyimpan rahasia ketua alias perusahaan artinya tidak perlu/harus diketahui oleh orang alias pegawai lain.

Jadi tugas – tugas sekretaris ini tidak lepas dari kerahasiaan dari suatu perusahaan. Hal tersebut disebabkan lantaran kebijakan awal yang bakal dikeluarkan dari ketua alias perusahaan yang sedikit banyak bakal diketahui oleh sekretaris. Karena tugas sekretaris pada dasarnya adalah untuk membantu ketua dalam meringankan tugas-tugasnya.

Dibawah ini merupakan pengertian Sekretaris yang dikemukan oleh beberapa para ahli, diantaranya sebagai berikut:

Bahwa pengertian sekretaris merupakan orang yang membantu seseorang dalam perihal ini adalah ketua dalam melaksanakan tugas perkantoran.

Bahwa pengertian sekretaris merupakan orang yang mempunyai tugas mengenai aktivitas alias aktivitas tulis menulis, alias aktivitas alias aktivitas catat-mencatat suatu pekerjaan baik itu untuk perkantoran alias perusahaan.

Yang dikutip oleh Saiman bahwa yang dimaksud dengan sekretaris adalah seorang petugas yang pekerjaanya itu adalah menyelenggarakan dalam urusan surat menyurat termasuk juga menyiapkan, bagi penjabat krusial pada suatu organisasi alias perusahaan.

Dikutip Saiman bahwa makna dari sekretaris merupakan seorang pegawai yang bekerja untuk dapat membantu ketua instansi dalam menyelesaikan pekerjaan pekerjaan perincian pimpinannya alias kepala.

“Secretary is an assistant to a chief who takes dictation, prepares correspondence, receives visitors, checks of his official engagements or appointments, anf performs many order related duties that increase the effectiveness of the chief”.

“Sekretaris merupakan seorang pembantu yang menerima pendiktean, menyiapkan dalam surat menyurat, menerima tamu-tamu, memeriksa alias juga mengingatkan ketua mengenai kewajibannya yang sesuai alias pada perjanjiannya, dan melakukan banyak tanggungjawab yang lainnya dalam upaya meningkatkan efektifitas kerja pimpinan.”

Fungsi dan Tugas Sekretaris

Peran dan tugas Sekretaris sangat krusial lantaran kegunaan dan tugas dalam menentukan sukses tidaknya tujuan suatu perusahaan.Nah dibawah ini bakal dijelaskan Fungsi Sekretaris, diantaranya sebagai berikut :

Peran sekretaris terhadap atasan

Maksud dari peran sekretaris terhadap pemimpin dalam suatu organisasi alias perusahaan adalah :

  1. Sekretaris berfaedah sebagai perantara komunikasi serta juga pembinaan hubungan yang baik bagi orang yang mau berhubungan/berkomunikasi seorang pimpinan.
  2. Berfungsi adalah sebagai sumber info yang dibutuhkan ketua didalam memenuhi fungsi, tugas, serta juga tanggung jawab.
  3. Sekretaris juga berfaedah sebagai pelanjut kemauan dari seorang ketua terhadap bawahan yang bermaksud dalam penyelenggaraan tugas.
  4. Berfungsi juga sebagai pengganti pemikiran dari ketua dalam menemukan alias menentukan ide-ide.
  5. Sekretaris juga berfaedah sebagai aspek penunjang dalam berhasilnya tugas dan tujuan pekerjaan sertajuga merupakan gambaran ketua kepada bawahan.

Peranan sekretaris terhadap bawahan (pimpinan)

Maksud dari peran alias kegunaan sekretaris terhadap bawahan ketua ataupun tenaga kerja (anggotanya) dalam sebuah organisasi ataupun perusahaan yakni:

  1. Sekretaris tersebut berfaedah adalah sebagai penentu kebijakan bagi pegawai bawahan yang dilakukan dengan secara adil, ialah yang mengenai dalam peraturan penempatan pegawai yang sesuai bakal kecakapan serta keahlian (rule of the place).
  2. Berfungsi juga dalam memberikan motivasi kerja kepada pegawai tenaga kerja / bawahan sehingga pekerjan tersebut dapat melangkah dalam mencapai sesuai dengan tujuan  tugas dan kegunaan masing-masing dari dalam sebuah organisasi alias perusahaan.
  3. Berfungsi juga dalam memberikan rasa bangga serta puas kepada para pegawai bawahan dalam menjalankan tujuan pekerjaan.
  4. Menerima pendapat serta juga usul bawahan dalam beragam aspek permasalah.
  5. Mengadakan pendekatan kepada para pegawai untuk lebih mengarahkan serta mengetahui kelemahan dan juga kehendak pegawai sehingga sikap serta tingkah laku sekretaris bakal berpengaruh terhadap pekerjaan dari pegawai lain.
  6. Sekretaris dapat bersikap ramah serta jgua komunikatif dalam memberikan suasana hubungan kerja yang baik. nyaman bagi bawahan sehingga bakal dapat menyelesaikan masalah dalam organisasi alias perusahaan bakal lebih mudah.

Tujuan Sekretaris

Tujuan dibentuknya sekretaris dalam suatu organisasi alias perusahaan diantaranya sebagai berikut:

  1. Sekretaris itu bermaksud untuk dapat menjamin kelancaran aktivitas alias aktivitas organisasi/perusahaan serta juga bertanggung jawab dalam aktivitas alias aktivitas rutin dalam suatu perusahaan/organisasi dan juga menyalurkan pengetahuan yang dimiliki.
  2. Sebagai referensi Utama untuk dapat membicarakan siati persoalan terhadap ketua dalam meningkatkan tugas serta jgua kegunaan organisasi alias perusahaan.
  3. Membantu dalam kelancaran aktivitas alias aktivitas ketua terutama itu dalam aktivitas administrasi
  4. Meningkatkan gambaran atasan
  5. Memperlancar aktivitas alias aktivitas ketatausahaan dikantor seperti misalnya mengetik, kearsipan dan penggandaan arsip yang diperlukan suatu perusahaan.
  6. Mempererat hubungan pemimpin dengan bawahan didalam perihal komunikasi, alias sederhananya sebagai penghubung antara pemimpin serta bawahan dalam suatu perusahaan
  7. Media perekam, penyimpan, pengingat aktivitas alias aktivitas pemimpin dalam corak penyususnan agenda kerja harian dalam suatu perusahaan/organisasi.

Jenis-Jenis Sekretaris

Menurut Wursanti (2006:2), sekertaris tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

Sekretaris Organisasi

Sekretaris Organisasi juga disebut dengan  sekretaris instasi, sekretaris perusahaan, business secretary, excecutive secretary. Seorang sekretaris organisasi ini disamping menjalankan tugas dari perintah pimpinan, juga berdomisili adalah sebagai manajer yang mengelola suatu unit kerja didalam bagian kesekretariatan. Contoh dari sekretaris organisasi ialah sekretaris jendral, sekretaris kabinet, sekretaris wilayah serta lain sebagainya.

Sekretaris Pribadi

Sekretaris pribadi merupakan seseorang yang mengejakan aktivitas alias aktivitas perkantoran untuk dapat membantu seseorang serta juga sifatnya itu pribadi. Dengan kata lain, sekretaris pribadi merupakan seseorang yang diangkat serta digaji oleh perorangan.

Sekretaris Pimpinan

Sekretaris ketua merupakan seseorang pembantu ketua suatu perusahaan alias organiasi yang bekerja dalam mengerjakan tugas perkantoran untuk ketua tertentu.

Nah itulah penjelasan mengenai Pengertian Sekretaris, Fungsi, Tugas, Tujuan, Jenis dan Menurut Para Ahli, semoga dapat berfaedah untuk anda.

Bagi Sobat yang mencari aplikasi bermanfaat, kami sarankan untuk mencoba mengakses situs aptoide.co.id untuk download aplikasi sepuasnya secara cuma-cuma di sana.