Pelajari 7 Tips Interview Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

interview kerja
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mendapat kesempatan wawancara pekerjaan merupakan hal yang dinanti-nantikan para pencari kerja (job seekers).  Kesempatan itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Namun, apa jadinya jika wawancara (interview) ini menggunakan bahasa Inggris. Wawancara dengan menggunakan bahasa Indonesia saja sudah bikin deg-degan. Saat ini banyak perusahaan yang melakukan proses interview menggunakan bahasa Inggris.

Maka dari itu, penting sekali untuk job seekers mempersiapkan wawancara kerja ini dengan sebaik mungkin. Untuk mengatasi masalah tersebut, Bizlab akan memberikan tips interview kerja menggunakan Bahasa Inggris, sob.

Yuk, disimak sob !

Riset Perusahaan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah riset perusahaan yang mengundang kamu untuk wawancara, sob. Pelajari sebanyak mungkin hal tentang perusahaan dari situs resmi atau akun media sosial perusahaan. Ketahui seluk beluk bidang yang kamu lamar, di divisi apa nantinya akan bekerja, hingga ruang lingkup dan deskripsi pekerjaan kamu.

Jika perlu, kamu bisa mencatat poin-poin penting mengenai perusahaan. Semua itu berguna agar kamu bisa mengumpulkan kosa kata dalam bahasa Inggris, merancang pertanyaan dengan bahasa Inggris mengenai pekerjaan yang kamu lamar sebelumnya. Hal ini juga akan memberikan kesan ke reqruiter bahwa kamu sosok yang siap menghadapi tugas apapun yang nantinya akan diberikan ketika sudah diterima kerja.

Berpakaian Rapi

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda, membuat proses reqruitment di beberapa perusahaan dilakukan secara online. Meskipun dilakukan secara online, job seekers tetap perlu memperhatikan pakaian yang digunakan ketika wawancara. Ini juga berlaku ketika kamu melakukan wawancara secara offline. Kesan pertama merupakan hal yang penting. Jangan gunakan kaos yang sudah lusuh, hal itu bisa dinilai buruk oleh reqruiter dan job seekers terkesan tidak professional.

Belajar Pengucapan dan Aksen Bahasa Inggris

Sobat Bizlab, tidak hanya penguasaan materi, kamu juga harus pintar dan menguasai secara lisan bahasa Inggris. Perhatikan kosakata yang sulit diucapkan, lalu berlatihlah mengucapkannya. Hindari istilah-istilah slang atau tidak baku di hadapan reqruiter. Berlatihlah sesering mungkin agar ketika wawancara nanti berjalan lancar dan tidak terbata-bata.

Gunakan Kalimat yang Efektif

Jika kamu belum mahir dalam bahasa Inggris, tidak ada salahnya kamu mencatat poin-poin penting yang perlu dipersiapkan sebelum memulai wawancara. Jangan gunakan kalimat yang bertele-tele ya, sob. Kalimat yang bertele-tele, akan menyulitkan reqruiter dalam menangkap pembicaraan yang kamu sampaikan. Cukup gunakan kalimat yang singkat dan jelas sehingga kemungkinan lolos ke tahap selanjutnya lebih besar.

Bertanya

Sobat, kamu perlu bertanya kepada recruiter jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami selama proses wawancara. Tidak ada salahnya kamu meminta recruiter untuk mengulangi pertanyaannya. Terkadang di akhir proses wawancara, recruiter akan menanyakan kepada kamu “Ada pertanyaan?”, nah, manfaatkan sesi ini untuk kamu menggali lebih dalam tentang perusahaan atau mengenai job description kamu, sob. Ini akan menambah penilaian kamu karena kamu termasuk orang sungguh-sungguh dan penuh persiapan.

Perhatikan Gestur

Gestur yang kamu lakukan di depan  reqruiter menyampaikan banyak. Jadi, jangan sampai mengabaikan hal penting satu ini. Apabila kamu tidak begitu pandai berbahasa Inggris, memanfaatkan gestur dapat menunjang proses wawancara. Gestur juga bisa menyampaikan pesan keramahan kamu ke reqruiter. Gestur yang kamu tunjukkan juga bisa menutupi kesalahan-kesalahan kecil ketika wawancara sedang berlangsung.

Follow up Interview

Ketika interview sudah selesai, kamu bisa melakukan follow up kepada recruiter lho, sob.  Setelah menunggu waktu tujuh hingga empat belas hari setelah wawancara, kamu bisa mengirimkan email dengan menggunakan bahasa Inggris kepada recruiter. Pastikan juga kamu mengirim email tersebut pada jam kerja, ya.

Nah, itu tadi tips dari Bizlab buat kamu yang hendak mempersiapkan wawancara dalam bahasa Inggris. Agar semakin lancar dalam interview kerja menggunakan bahasa Inggris kamu bisa mengikuti kelas salah satu Bizlab satu ini lo sob. Semoga lancar, ya! Semoga sukses !

Berikan komentar