fbpx

Artikel

Menggali Potensi Melalui Pengembangan Diri

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Masih banyak orang-orang yang kesulitan untuk mengenali dirinya sendiri. Hal tersebut seringkali membuat mereka sangat kebingungan untuk menentukan tujuan hidup mereka kedepannya. Padahal sejatinya mengenali diri sendiri adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kita yang sedang mencari pekerjaan ataupun hal lainnya. Dengan mengenali diri kita sendiri, maka langkah yang akan kita ambil kedepannya tentu akan terasa sangat mudah. Pasalnya kita sudah mengetahui porsi diri kita sendiri, di bagian mana kita akan bergerak dan mengetahui batasan-batasan yang belum bisa kita lakukan. Sehingga dengan hal tersebut kita akan dengan mudahnya mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan dan tanpa harus merasa bahwa pekerjaan tersebut akan membuat kita merasa bosan dengan cepat.

Mengenali diri sendiri merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan, namun juga tidak mudah. Terkadang kita sudah melakukan berbagai cara agar  dapat mengenali diri kita sendiri namun pada akhirnya kita tidak mengetahuinya. Seakan-akan mengenali diri sendiri lebih susah ketimbang mengenali diri orang lain. Menggali potensi diri adalah cara yang tepat untuk pertama kali berkenalan dengan diri sendiri. Pada awalnya kamu harus berjabat tangan dan berdamai dengan diri kamu sendiri, lalu perlahan-lahan kamu masuk ke dalamnya dan berusaha menggali potensi sebisa mungkin. Potensi diri tentu meliputi berbagai banyak hal. Bisa berupa hobi, kesukaan ataupun hal-hal yang membuat kamu merasa senang. Pada intinya, potensi diri adalah hobi yang harus kamu cari sedemikian rupa. Dengan itu, maka kedepannya kamu dapat mencari pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, atau banyak orang yang bilang bekerja sesuai passion.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana caranya mengenali diri dengan berbagai langkah yang harus dilalui. Berikut ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengenali diri sendiri:

  • Berdialog Dengan Diri Sendiri

Di tengah-tengah kesibukan kita bersosialiasi dengan berbagai macam manusia, ada baiknya kita menghindar dari keramaian dan mulai mencari tempat yang sunyi untuk berdialog dengan diri sendiri. Dengan istilah lain, ambilah waktu beberapa jam saja untuk menikmati dunia dengan diri kamu sendiri. Buka matanya perlahan-lahan dan ajaklah berbincang-bincang. Dengan menyendiri seperti itu, maka kamu akan mengetahui apa sebenarnya yang kamu cari selama ini. Apa yang kamu sukai dan pada akhirnya dapat membuat kamu mendapatkan uang dari hal yang kamu sukai. Bekerja sesuai passion tentu adalah hal yang sangat menyenangkan di dunia ini. Namun, pertama-tama kamu harus mengenali diri kamu sendiri dengan berupaya mengajaknya berdiskusi serius. Lambat laun, setelah kamu sering berdialog dengan diri sendiri maka kamu akan mendapatkan apa yang kamu sukai.

  • Konsisten Dalam Melakukannya

Setelah melakukan dialog dengan diri sendiri dan menemukan jawabannya, maka tahapan yang harus kamu lakukan adalah melakukannya dengan konsisten. Misalnya kamu suka menulis, maka lakukanlah dengan konsisten. Jadwalkan dirimu untuk menulis sesuatu setiap minggunya. Dalam seminggu kamu menargetkan harus menulis 10 artikel atau berapa. Dengan sebuah target, maka kamu akan terpacu untuk terus melakukan  hal tersebut sehingga pada akhirnya kamu akan terbiasa melakukannya dengan senang. Terus mengasah potensi diri akan membuat kamu semakin mengerti kekurangan terhadap sebuah karya yang kamu buat.

  • Melakukan Introspeksi Diri

Jangan lupakan bahwa setiap langkah harus terhenti sejenak. Bahwa setiap nafas harus mengambil jeda sebentar agar semuanya tidak terlihat berantakan. Setelah kamu mengerti apa yang kamu  sukai serta konsisten dalam melakukannya, ada baiknya kamu mengambil istirahat sejenak, kembali menyendiri di sebuah tempat sunyi. Lakukan introspeksi diri apa yang kurang dari diri kamu. Pola permainannya adalah menyendiri, melakukan sesuatu, lalu menyendiri lagi.

Tetap sukai apa yang kamu kerjakan sekarang. Karena pada  dasarnya semua hal di dunia ini tidak ada yang tidak menyenangkan. Semuanya terlihat menyenangkan apabila kamu melakukannya dengan ikhlas dan suasana hati yang senang.

Berikan komentar

Hi, ada yang bisa kami bantu?