Mengapa Sebaiknya 4 Kesalahan Public Speaking Ini Tak Boleh Kamu Ulangi

Bagikan

Public speaking itu penting banget. Percaya deh. Meski kamu bukanlah seorang MC yang cuap sana sini, kemampuan ini tetap kamu butuhkan untuk menunjang karir kamu. HRD cenderung akan memberi nilai lebih bagi calon pekerja dengan kemampuan public speaking yang bagus. Tak hanya itu, bagi kamu yang sudah bekerja, public speaking yang bagus akan jadi skill yang bisa membantu karir kamu naik lebih cepat.

Agar public speaking kamu berjalan lebih lancar, silahkan simak panduan kesalahan public speaking berikut ini. Kalau kamu menemukan tanda-tanda berikut ini dalam diri kamu, sebaiknya jangan ulangi ya:

1. Berlatih Public Speaking dengan Cara Menghafal

Mengembangkan skill public speaking nggak cukup hanya dengan menghafal aja. Skill ini nggak cukup dipelajari seperti teori matematika. Ketika kamu menghafal, kamu akan mengingat teori dalam public speaking saja. Justru, ketika otak fokus dengan apa yang ingin dihafalkan, ada potensi kamu lupa akan isi materi tersebut.

2. Melatih Public Speaking di Depan Cermin

Ketimbang menghafal, baiknya kamu melatih diri dengan sering ngomong. Nah, selama ini beraltih di depan cermin dipercaya bisa meningkatkan skill public speaking kamu. Padahal, latihan public speaking yang efektif bisa dilakukan langsung dihadapan orang lain. Kamu bisa meminta temamu untuk menyimak public speaking kamu. Tentunya, dengan cara ini kamu juga bisa berlatih menanggapi komentar dan reaksi audience.

3. Tidak Menyesuaikan Isi Materi dengan Umur dan Kondisi Audience

Public speaking yang baik tentunya harus mengetahui materi, umur dan kondisi audience. Ketika kamu berhadapan dengan audience dengan suasana formal seperti wali murid sekolah, usahakan memberi materi yang berkaitan. Begitu juga ketika audience adalah anak millennial,usahakan memberi materi yang relate agar suasana lebih nyambung. Hindari membawa isu yang sensitif semacam politik.

4. Menginginkan Proses Public Speaking Lancar dalam Waktu yang Singkat

Tentunya, untuk mempunyai public speaking yang bagus, kamu membutuhkan proses untuk menuju itu. Jangan terlalu terburu-buru mendapatkan hasil yang bagus. Sabar dan terus berproses adalah salah satu kunci untuk menjadi public speaker handal.

Kamu bisa ikuti tips public speaking di video belajarnya, langsung oleh pengajar dari Akademi Bicara. Gunakan kode “COBA” untuk dapatkan DISKON 10%.

Leave a Reply