Login

Register

Login

Register

Insight

Mengapa kita harus lebih rajin menulis dan mempublikasikannya?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jurnalisme saat ini merupakan sebuah hal yang menarik untuk dibacarakan oleh berbagai pihak. Pasalnya di tengah-tengah era digital jurnalisme kian berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tidak heran apabila saat ini semua dapat terjun ke dalam dunia jurnalisme dengan mengirimkan berita-berita yang terjadi di daerah sekitar mereka. Terlebih saat ini jurnalisme online juga telah tersebar sehingga hal tersebut membuat dunia jurnaslime akan memunculkan kebangkitannya dari waktu ke waktu.

Mengutip buku dari Brian Mc Nair yang berjudul What Is Journalism, beliau mengatakan bahwa jurnalisme mempunyai banyak bentuk dan seringkali menjadi komoditas tertentu bagi beberapa kalangan. Melihat dari perkataan dari Brian Mc Nair tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jurnalisme akan mengalami perkembangan yang sangat pesat dari waktu ke waktu mengingat saat ini kebutuhan masyarakat kian bertambah. Seperti yang kita ketahui bahwa permintaan masyarakat saat ini bertambah lebih banyak seperti permintaan akan berita mengenai teknologi, gaya hidup, hingga baru-baru ini yang baru timbul yaitu berita mengenai esports.

Saat ini setiap kita mampu menjadi jurnalis dalam media online, mengingat saat ini banyak sekali media-media online yang menyediakan kolom untuk siapapun yang ingin menulis di media online tersebut. Contoh saja media online seperti kompasiana.com. Dalam kompasiana.com kamu dapat menuangkan berbagai opini ataupun berita terkini yang sedang kamu alami. Opininya pun dapat mengenai berbagai masalah, seperti masalah teknologi,  perkembangan di era digital, serta masalah dunia jurnalistik. Kompasiana merupakan platform blog yang berasal dari Indonesia. Saat ini juga sudah banyak sekali pengguna yang memakai platform kompasiana sebagai sarana untuk mengeluarkan opini pribadi, sehingga mereka akan merasa puas karena opininya dapat masuk ke dalam media online dan dibaca oleh banyak orang.

Tidak hanya kompasiana.com saja, media online yang lainnya pun juga menyediakan kolom khusus untuk menjadi penulis, yaitu Hipwee. Hipwee merupakan media online yang lebih fokus kepada kalangan anak muda karena bahasa yang ditampilkan cenderung mudah dipahami. Hipwee menjadi wadah atau media bagi seseorang untuk berbagi cerita mengenai pengalaman, pendapat, dan argument yang disampaikan melalui tulisan dan kemudian dapat dipublikasikan sehingga dapat dibaca oleh banyak orang. Setiap orang dapat menjadi penulis di  Hipwee dengan mendaftarkan dirinya sebagai kontributor.

Bukti bahwa dunia jurnalisme mengikuti permintaan masyarakat adalah dengan adanya media online yang menyajikan berita mengenai esports. Seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini dunia esports sedang ramai diperbincangkan di berbagai media online. Dunia esports memang sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan adanya game-game seperti  PUBG, Mobile Legend dan Dota 2.

Permintaan masyarakat akan dunia esports pun meningkat pesat. Melihat peluang seperti itu, maka munculah media online seperti esportsnesia.com dan esports.id. Esportnesia merupakan sebuah media informasi seputar perkembangan ekosistem esports di Indonesia yang memiliki visi untuk meningkatkan penerimaan esports dari masyarakat melalui pembuatan konten-konten edukatif, informatif dan orisinil dilengkapi dengan sudut pandang yang kritis. Dengan adanya media esports seperti esportsnesia maka masyarakat tidak akan kesusahan untuk mencari berita-berita terkini mengenai esports.

Selain ketiga media online di atas, masih banyak media-media online lain yang tersebar di Indonesia. Dengan adanya media online tersebut, maka bisa dipastikan bahwa dunia jurnalisme akan terus berkembang seiring dengan permintaan masyarakat. Peluang yang dihasilkan di dalam dunia jurnalisme pun semakin tinggi di tengah-tengah era digital. Kamu dapat menjadi  penulis di dalam media-media online tanpa harus memenuhi kaidah-kaidah fundamental mengenai jurnalistik. Bahkan kamu bisa mendapatkan royalti dari hasil tulisanmu di media online.


Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by