Podcast Itu Bisa Hasilkan Uang Nggak Sih?

Bagikan

Menurut kabar, Spotify lagi senang-senangnya. Pasalnya, pengguna aktif spotify meningkat hingga 7%. Salah satu yang paling laris adalah melonjaknya pendengar podcast. Podcast jadi menarik dengan makin mudahnya seseorang buat mendengarkan beberapa saluran sesuai dengan tema dan channel yang dipilih. 

Nggak hanya itu, sekarang makin banyak youtuber yang juga terjun menjadi podcaster untuk berbagi konten dalam bentuk audio. Kamu mungkin bertanya-tanya: kok rela sih meluangkan waktu buat bikin konten di podcast? memangnya podcast bisa hasilkan cuan?

Menambang Cuan Lewat Podcast 

Di Indonesia sendiri sampai saat ini belum ada fitur monetization untuk podcast yang dibuat. Sementara di Amerika, podcaster sudah bisa menghasilkan sekitar 40 dolar untuk 1000 pendengar. Monetizasi podcast di Indonesia mengandalkan kerja sama dengan beberapa brand yang minta direview maupun sponsor yang datang. Untuk monetize semacam adsense youtube, podcaster Indonesia harus menunggu dulu sampai fitur ini sudah tersedia di negara kita. 

Nah, buat kamu yang ingin mendulang uang lewat podcast, beberapa refrensi berikut bisa kamu ciptakan. Podcaster yang sudah terkenal biasanya mendulang cuan lewat beberapa produk berikut ini:

1. Merch

Beberapa podcaster besar punya fanbase. Ini menguntungkan banget kalau kamu mau produksi merch tersendiri. Dengan kemampuan promosi yang menarik, dapatkan cuan dari menjual produk official. Nah, kamu bisa mulai buat membangun fanbase terlebih dahulu agar nilai jual merch kamu semakin kuat,  

2. Tiket Seminar

Karena seringkali mendengarkan pembicaraan para podcaster di spotify, beberapa pendengar jadi penasaran dengan siapa saja sosok announcer yang ada di balik podcast tersebut. Menjual tiket untuk acara meet and greet maupun seminar jadi salah satu hal yang sangat bagus untuk mendekatkan keintiman interaksi antara podcaster dan penggemar. 

3. Produk yang Dijual Oleh Podcaster

Seorang podcaster biasanya juga punya beberapa cabang usaha yang bisa ia promosikan di setiap episodenya. Sebagai seorang podcaster, terdapat kebebasan untuk sekalian promosi produk digital lain semacam Youtube dan endorse. Kamu nggak akan pernah menyangka kalau-kalau suatu saat ada brand yang minta dibuatkan review produk lewat salah satu episode kamu. 

3 Comments

Leave a Reply