Tips Memulai Freelance Tanpa Pengalaman dan Portfolio

turned on screen silver macbook air on wooden desk
Bagikan

Pekerja lepas atau freelancer memiliki keleluasaan waktu kapan saja mereka bisa bekerja, asalkan tugas selesai tepat waktu. Biasanya para freelancer adalah orang-orang yang tidak mau terikat dengan jam kantor.

Tapi, apakah mungkin memulai karir freelance jika tidak memilikipengalaman?

Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa kamu tidak akan pernah memiliki pengalaman menjadi freelancer kalau kamu tidak sama sekali masuk untuk memulai menjadi freelancer.

Jadi, bagaimana mencari pekerjaan freelance tanpa pengalaman? Berikut adalah beberapa tips cara menemukan pekerjaan freelance tanpa pengalaman:

Membuat Blog Pribadi

Memulai dari blog kamu sendiri, adalah cara yang dianggap efektif untuk memperlihatkan keterampilan kamu. Kamu dapat menggunakan blog sebagai portofolio untuk dilihat oleh klien potensial ketika kamu melamar pekerjaan freelance yang terkait dengan blog kamu, seperti menulis, blogging, desain grafis, desain web, dll. Jika kamu menyukai blogging, kamu mungkin menyukai ide blogging untuk orang lain dimana kamu akan menulis konten untuk orang lain.

Klien potensial mungkin menemukan kamu melalui blog kamu yang mungkin mempekerjakan kamu untuk menulis postig blog atau artikel yang berkaitan dengan topik yang diminta.

Kembangkan kemampuan yang ada

Jika kamu tidak memiliki pengalaman profesional atau pengalaman kerja, mungkin kamu memiliki keterampilan lain yang kamu peroleh saat di sekolah atau di kampus. Jika kamu pandai dalam satu hal, asah keterampilan itu untuk menjadi lebih baik. Misalnya, jika kamu pandai mengetik, teruslah berlatih sampai kamu bisa mengetik secepat dan seakurat mungkin. Keterampilan ini akan berguna karena ada banyak pekerjaan online untuk jasa pengetikan. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di media sosial, kamu bisa menjadi ahli dalam menggunakan media sosial untuk mendapatkan pekerjaan pemasaran di media sosial.

Siapkan contoh hasil karya

Meskipun kamu tidak memiliki pengalaman, kamu harus tetap membuat beberapa contoh dari hasil keterampilan kamu. Ini dapat digunaka untuk ditujukan kepada klien untuk mendapatkan pekerjaan freelancer pertama kamu. Buatlah karya sampel kamu seprofesional mungkin. Contohnya, kamu tertarik untuk mendapatkan pekerjaan sebagai freelance writer, maka buatlah beberapa contoh artikel dan artikel ini harus bebas dari kesalahan bahasa atau penulisan.

Cari pekerjaan yang tidak memerlukan pengalaman apapun

Ada pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian profesional untuk menyelesaikannya, seperti pekerjaan mengoreksi (poofreading), mengetik, menulis artikel. Jika kamu dapat diandalkan, dapat berkomitmen pada tenggat waktu, dan mematuhi instruksi yang diberikan oleh klien, kamu dapat melakukan pekerjaan ini dan dapat pengalaman menjadi freelancer dengan penghasilan yang lebih baik.

Bangun jaringan

Setelah kamu membuat hasil karyamu, mulailah membangun jaringan dengan orang atau komunitas yang mempunyai keahlian atau keterampilan yang sama dengan kamu. Jaringan ini dapat mengarahkan kamu pada pekerjaan.

Okay, tadi itu adalah tips bagaimana menemukan pekerjaan freelance bagi kamu yang belum punya pengalaman.

Nah, sekarang apa saja sih jenis pekerjaan freelance tanpa pengalaman?

Ada banyak pekerjaan freelance yang tidak mengharuskan kamu memiliki pengalaman, namun tidak berarti kamu tidak memiliki keterampilan sama sekali. 

Berikut adalah pekerjaan freelance yang tidak memerlukan pengalaman dan menghasilkan uang secara online:

  • Blogger atau penulis
  • Web designer
  • Grapic designer
  • Translator
  • Proofreading 
  • Videographer
  • SEO specialist
  • Data entry
  • Digital marketer
  • Content creator

Dari pekerjaan tersebut, mana yang termasuk keterampilan yang kamu miliki? 

Coba tipsnya, cari klien, dan mulailah melamar pekerjaannya. Kalau kamu bingung belajar skill freelance di mana, lalu bagaimana caranya untuk dapat klien pertama coba join Program Bizlab ini ya.