Login

Register

Login

Register

Insight

Membuat Konten Materi Mentor Dengan Menggunakan Tools Loom

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setelah kemarin membahas tentang bagaimana caranya membuat video materi yang nantinya akan disampaikan mentor oleh para penonton, kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang pembuatan video yang lebih efektif dan gampang tanpa proses editing. Hal ini tentu memudahkan para mentor yang nantinya akan membuat video materi. Jadi mentor tidak perlu overthinking terkait pembuatan video. Mentor hanya perlu fokus dengan materi apa yang ingin disampaikan. Masalah pembuatan video di artikel ini kita akan bahas dengan detail.

Kendala yang sangat dirasakan oleh para mentor tentu adalah bagaimana caranya membuat video untuk materi. Berbagai macam kendala kerapkali dirasakan seperti tidak adanya alat-alat untuk pembuatan video seperti kamera, lighting dll, lalu juga merasa grogi ketika berbicara di depan kamera, serta kendala-kendala lainnya yang dapat menghambat mentor untuk membuat video materi.

Artikel ini akan menjawab segala keresahan mentor terkait pembuatan video materi. Di sini kita akan membahas tips dan trik membuat video materi dengan sederhana dan simpel tanpa perlu kamera maupun proses editing dengan menggunakan tools Loom.

Apa itu tools Loom?

Loom adalah aplikasi screen recorder atau aplikasi untuk merekam segala aktifitas yang kita lakukan di layar komputer atau laptop dan dapat diupload langsung ke sebuah link. Hasil videonya pun dapat di download ataupun disebarluaskan via email dan media sosial. Loom sangat mempermudah bagi siapa saja yang ingin mempresentasikan bisnis mereka atau saat ketika mempresentasikan pekerjaan mereka ketika meeting dengan kliennya, tak terkecuali juga mempermudah bagi para mentor di Bizlab yang ingin menyebarkan materinya kepada para penontonnya.

Setelah mengetahui apa itu Loom, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya mendapatkan Loom dari desktop laptop kita?

Cara untuk mendapatkan Loom tentu sangat mudah. Berikut beberapa langkah yang kamu harus lakukan

  • Buka di situs Loom.com.
  • Setelah itu klik Get Loom For Free untuk mendapatkan Loom secara gratis.
  • Kamu akan disuruh untuk daftar.
  • Setelah daftar kamu akan dihadapkan dengan tombol download for PC. Klik tinggal download lalu  install tools Loom. Loom juga dapat digunakan bagi mentor yang mungkin pengguna Mac. Di bawah download for PC ada tulisan ‘See More Options’. Tinggal klik itu maka akan diarahkan ke download for Mac.

Nah mudah bukan untuk mendapatkan Loom ke dalam desktop laptop kamu? Setelah mendapatkan Loom kita akan membahas mengenai langkah-langkah untuk membuat video menggunakan Loom.

1. Siapkan Software dan Hardware yang harus diperlukan

Untuk membuat video menggunakan Loom kamu harus mempunyai beberapa software di bawah ini

  • Google drive
  • Google slides
  • Youtube studio
  • Google keep
  • Loom screen recorder

Untuk hardwarenya kamu hanya perlu menggunakan dua hardware

  • Laptop dengan webcam
  • Clip on mic/gaming headset/earphone HP

Sebelum ke tahapan selanjutnya kita akan membahas satu per satu mengenai software yang akan digunakan.

a. Google drive

Google drive memiliki peran yang penting dalam pembuatan video menggunakan Loom. Para mentor dapat mempersiapkan materi-materi yang akan disampaikan dengan menyimpannya ke google drive terlebih dahulu. Dengan demikian, maka file-filenya pun tidak akan berantakan dan dikumpulkan ke dalam satu tempat.

b. Google slides

Mungkin bagi beberapa mentor belum mengetahui apa itu google slides. Google slides sebenarnya mirip dengan Microsoft power point. Dengan google slides, para mentor dapat membuat materinya sebelum nantinya akan direkam dengan menggunakan Loom. Google slides sebenarnya terlihat lebih sederhana dan simpel dibandingkan dengan PPT. Selain itu, di google slides juga ada fitur yang bernama pointer. Pointer merupakan fitur yang dapat dimanfaatkan oleh mentor untuk menjelaskan materinya dengan tampilan cursor yang enak untuk dilihat oleh para penontonnya.

c. Google keep

Sebenarnya ini mirip seperti notes. Hanya saja ketika menggunakan google keep kamu dapat mengaksesnya dengan mudah dan dapat diakses dimana saja. Google keep tentu akan memudahkan para mentor untuk mencatatkan idenya dalam pembuatan materi.

d. Youtube studio

Youtube studio nantinya berguna untuk mengupload video yang telah dibuat menggunakan Loom oleh para mentor.

Nah setelah mengetahui beberapa software yang akan kita gunakan, selanjutnya kita akan membahas bagaimana menggunakan Loom untuk merekam video materi.

2. Merekam video dengan tools Loom

Sebenarnya sangat mudah dalam merekam video materi dengan menggunakan tools Loom. Kamu tinggal membuka aplikasi Loom. Sebelum itu kamu harus mempersiapkan materi yang telah kamu buat agar muncul di layar desktop. Usahakan kamu berada di tempat yang tenang dan bebas dari gangguan suara anak kecil atau siapapun agar tidak terjadi noise saat kamu sedang melakukan rekaman. Setelah semuanya siap, maka kamu tinggal merekamnya dan menjelaskan dengan suara kamu tanpa perlu terlihat wajahmu. Selesai. Cukup mudah tentu saja menggunakan aplikasi Loom untuk membuat video materi bagi para mentor.

3. Mengupload video Loom ke Youtube studio

Setelah pembuatannya selesai, kamu tinggal menguploadnya ke dalam Youtube studio. Berikut cara-cara mengupload video hasil Loom ke dalam Youtube studio.

  • Buka studio.youtube.com
  • Setelah itu di kanan atas ada gambar kamera dengan tanda plus.  Klik gambar itu dan kamu akan disuruh untuk upload video.
  • Pilih file yang akan kamu upload, setelah itu kamu harus menunggu terlebih dahulu sekitar 30 menit, tergantung kecepatan koneksi internetnya.
  • Jangan lupa untuk menggantik statusnya mengganti Tidak Publik agar para pengguna Youtube tidak dapat mendeteksi video yang telah kamu buat.
  • Setelah semuanya selesai, kamu akan mendapatkan link yang mengarah ke dalam video yang baru saja kamu buat. Mudah bukan?.

Setelah mendapatkan link, kamu dapat mengirimkan link tersebut kepada email Bizlab agar nantinya dapat diupload di situs Bizlab dan siap dipasarkan ke semua khalayak.

Tools Loom sangat memudahkan bagi mentor yang grogi ketika berbicara di depan umum. Pasalnya Loom hanya menampilkan materi serta suara mentor ketika sedang menjelaskan materinya. Bizlab sendiri sebenarnya tidak mewajibkan mentor untuk membuat video materi  yang menampilkan seluruh tubuhnya. Hal yang paling penting saat membuat video materi adalah kejelasan suara serta materi yang akan disampaikan. Dengan demikian, maka para penonton akan mudah untuk menangkap materi yang mentor sampaikan.

Nah begitulah kira-kira tips membuat video materi dengan menggunakan tools Loom tanpa perlu kamera dan proses editing. Apabila mentor masih belum mengerti juga, maka mentor dapat melihat tutorial videonya langsung di sini.

Semoga dengan adanya cara ini mentor dapat membuat video materi dengan mudah tanpa perlu proses yang ribet.

Subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dari Bizlab.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by