Melihat Karakter Public Speaking dari 5 Public Figure Indonesia

Bagikan

Kapan terakhir kali kamu berbicara di depan umum? Bagaimana rasanya saat sedang berbicara dan didengarkan oleh ratusan bahkan ribuan orang? Tentu bagi setiap orang berbicara di depan umum dan didengarkan oleh banyak orang merupakan suatu kebahagiaan tersendiri. Bagaimana tidak, setiap orang tentu sangat senang ketika didengarkan dengan sangat baik, bahkan para pendengar pun sangat fokus terhadap apa yang kita bicarakan. Dengan demikian, maka memiliki skill public speaking merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang karir kita kedepannya.

Namun tahukah kamu, bahwa banyak sekali tokoh-tokoh public speaker ternama yang berhasil meniti karirnya melalui ilmu-ilmu dari public speaking. Lewat skill public speaking, mereka berhasil menggenggam dunia dengan menjadi seorang public speaker. Seringkali tokoh-tokoh public speaker ternama diundang ke dalam acara-acara terkemuka, baik acara kelas nasional maupun internasional, sehingga hal tersebut tentu akan menambah jam terbangnya sebagai seorang public speaker. Selain menambah jam terbang, tentu para tokoh public speaker tersebut sangat senang karena mendapatkan penghasilan dari sesuatu yang mereka sukai.

Saat ini di Indonesia telah banyak sekali tokoh-tokoh yang terkenal dengan gaya public speakingnya. Tak jarang mereka pun kerapkali mendapatkan tawaran untuk mengisi berbagai acara, baik untuk menjadi seorang presenter maupun seorang motivator. Berikut ada beberapa contoh tokoh-tokoh public speaker ternama di Indonesia

1. Andy Flores Noya (Kick Andy)

Nama di atas tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama yang seringkali menunggu Andy untuk memulai perbincangan di acara Kick Andy. Kemampuannya dalam mengulik cerita dari para narasumber sudah tidak diragukan lagi. Andy benar-benar dapat masuk ke dalam dunia narasumber dengan sangat baik, lalu kemudian ia mentranformasikannya menjadi suatu cerita yang menjadi inspirasi bagi semua orang. Kehebatan ini tentu tidak terlepas dari caranya menanamkan ilmu public speaking di dalam dirinya. Sehingga lambat laun Andy pun dapat menjadi seorang presenter yang lugas dan cerdas dalam mengajukan pertanyaan.

Andy Flores terbilang merupakan seorang public speaker yang handal sebagai narrator. Kehebatannya dalam menceritakan sebuah kisah membuat para pendengar akan masuk ke dalam narasi ceritanya. Sebagai seorang public speaker, menjadi narator tentu adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian lebih dari penonton.

2. Najwa Shihab

Jika Andy Flores Noya menggawangi acara Kick Andy, maka Najwa Shihab juga menggawangi sebuah acara, yaitu Catatan Najwa. Najwa Shihab sukses menghipnotis para penonton di Indonesia dengan gaya berbicaranya dan caranya memaksimalkan ilmu public speaking dengan baik. Banyak  sekali informasi yang sebelumnya tidak diketahui oleh penonton, namun lewat Najwa Shihab informasi tersebut lambat laun akan diketahui oleh banyak orang.

Najwa Shihab terbilang merupakan seorang public speaker yang sangat provokatif ketika sedang mewawancarai narasumbernya. Ia seolah mengajak para penonton untuk ikut serta dalam diskusi tersebut dengan mendalam. Selain provokatif, di akhir acara Najwa Shihab juga menyampaikan kata-kata mutiara dengan diksi yang indah sehingga para pendengar sangat menikmati gaya bicara yang disampaikan oleh Najwa Shihab.

3. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono merupakan seorang komika yang dikenal karena seringkali melakukan tour. Bahkan ia menjadi komika pertama di Indonesia yang melakukan World Tour. Nama-nama seperti Mesakke Bangsaku, Juru Bicara, Pragiwaksono tour  sangat melekat dengan nama seorang Pandji Pragiwaksono. Ia merupakan komika dengan gaya berbicaranya yang terbilang sangat unik. Selain membawakan cerita dengan bagus, Pandji juga terkadang melakukan teknik persuasif supaya penonton dapat menerima apa yang ia bicarakan.

4. Krisnamurti

Krisnamurti merupakan salah satu motivator terkenal di Indonesia. Kemampuan Krisnamurti diakui oleh banyak orang karena ia mampu mengubah mindset atau pola pikir seseorang dengan caranya menjadi seorang public speaker. Ketika memberikan motivasi kepada orang banyak, Krisnamurti selalu menggunakan bahasa yang halus dan sangat sejuk sehingga  banyak orang yang merasa senang mendengarkan motivasi dari dirinya.

5. Ernest Prakasa

Selain Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa juga dikenal dengan seorang komika yang memiliki ilmu public speaking yang bagus. Kemampuannya dalam memprovokatori orang terbilang sangat berhasil. Selain jenius dalam menjadi seorang provokator, Ernest juga merupakan seorang kritikus yang lembut. Seringkali ia menyelipkan beberapa kritik di dalam materi stand up  nya namun dengan gaya bahasanya sendiri. .

5 tokoh public speaker tersebut tentu menjadi contoh yang baik untuk kita agar belajar lebih dalam mengenai public speaking. Karena sukses pun tidak harus digapai dengan cara yang  susah. Dengan mendalami ilmu public speaking, kita dapat menjadi seperti 10 orang di atas apabila belajar dengan tekun dan konsisten. Salah satunya bisa kamu pelajari di kelas online Public Speaking bersama Akademi Bicara. Belajar online di Bizlab sedikit berbeda dengan online course pada umumnya, karena kamu tetap bisa langsung berinteraksi dengan mentor melalui WhatsApp Group untuk praktek olah suara, wajah dan gerak badan. Daftar di sini.

Kamu bisa ikuti tips public speaking di video belajarnya, langsung oleh pengajar dari Akademi Bicara. Hanya Rp 79.000,-.

Photo : Instagram @najwashihab

Leave a Reply