Login

Register

Login

Register

Insight

Masih Kebingungan Untuk Melakukan Branding?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Saya ingin sekali memulai bisnis saya sekarang. Namun terkadang saya bingung untuk memperkenalkan produk atau jasa yang akan saya pasarkan kepada orang-orang. Saya takut orang-orang tidak menangkap produk atau jasa saya dengan cermat sehingga mereka akan mudah melupakannya begitu saja. Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?.

Setiap orang yang akan memulai bisnisnya pasti memiliki masalah mereka masing-masing. Ada yang memang tidak punya modal namun memiliki ide yang sangat cemerlang, ada yang punya modal namun tidak memiliki tim yang kompak, ada yang sudah memiliki bisnis namun seringkali tidak bisa mengaturnya dengan baik. Alhasil bisnis yang dijalankan cenderung akan mengalami penurunan sehingga tidak menutup kemungkinan ia akan bangkrut.

Namun selain berbagai masalah yang kerapkali dirasakan oleh para pebisnis pemula, ada satu aspek yang memiliki kekuatan luar biasa dalam menjalankan bisnis. Aspek ini nantinya akan membuat bisnismu mudah diingat oleh orang-orang sehingga mereka akan selalu tertuju kepada produk atau jasamu. Setiap kali orang-orang butuh sesuatu yang cenderung mengarah kepada bisnismu, mereka tidak akan segan-segan untuk langsung membeli produk atau jasa yang kamu jual karena kamu telah melakukan salah satu aspek ini dengan baik.

Yap, aspek tersebut adalah branding.

Branding menjadi aspek yang sangat penting ketika kamu memulai bisnismu. Tanpa branding, rasanya sangat sulit untuk membuat orang-orang akan selalu mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Brand diyakini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis. Brand merupakan magnet yang menarik konsumen kepada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Brand bukanlah segalanya dalam sebuah bisnis, namun segalanya berawal dari brand.

Melakukan branding memang memerlukan waktu yang cukup panjang. Kamu harus konsisten untuk memperkenalkan produk atau jasa yang kamu tawarkan supaya orang-orang mulai notice bahwa ada produk atau jasa yang sedang kamu buat. Dengan demikian, maka sangat mustahil untuk dikenal oleh orang-orang apabila melakukan branding hanya satu dua kali saja.

Banyak cara bagi kamu untuk melakukan branding dengan baik agar mudah dikenal oleh orang. Simak beberapa cara berikut ketika kamu hendak melakukan branding

1. Menggunakan Iklan

Iklan menjadi salah satu senjata yang ampuh bagi kamu untuk melakukan branding. Dengan memasang iklan, maka produk atau jasa yang kamu tawarkan akan berseliweran di media sosial sehingga seluruh penjuru dunia sering melihatnya. Setelah mereka melihatnya, tentu mereka akan terngiang-ngiang dengan apa yang kamu tawarkan.

Namun perlu diingat, ketika membuat iklan jangan sembarangan. Karena tujuan dari membuat iklan adalah untuk menarik perhatian orang untuk tertuju kepada produkmu. Buatlah iklan yang unik dan menarik. Dengan demikian, maka orang-orang akan menaruh perhatian terhadap iklanmu.

2. Memanfaatkan Platform Yang Tersedia

Nah selain menggunakan iklan kamu juga dapat memanfaatkan platform-platform untuk melakukan branding. Banyak sekali platform yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan branding. Salah satu platform yang memfasilitasi kamu untuk melakukan branding adalah Bizlab. Bizlab selain memfasilitasi kamu untuk menjadi mentor juga memfasilitasi kamu untuk melakukan branding. Jadi sembari kamu membagikan ilmu pengetahuan kepada orang-orang, kamu juga dapat menjual jasa yang kamu  tawarkan lewat Bizlab sehingga kamu tak perlu khawatir untuk melakukan marketing. Dengan demikian, maka bisa dikatan ketika kamu menjadi mentor di Bizlab secara otomatis kamu akan menyelam sambil minum air kalau kata peribahasa.

3. Mengikuti Event

Aksi online tentu harus dibarengi dengan aksi offline. Setelah kamu memasang iklan untuk melakukan branding, kamu juga dapat mengikuti beberapa event yang memiliki relevansi dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga hal tersebut akan memudahkan orang untuk mengenal bisnismu. Event tentu akan dihadiri oleh banyak orang, apalagi event tersebut berskala nasional maupun internasional. Jangan ragu untuk datang dan memperkenalkan bisnismu.

4. Pakai Sudut Pandang Konsumen Sentris

Perlu diingat bahwa konsumen hanya peduli dengan masalah yang mereka hadapi. Mereka tidak pernah peduli tentang sejarah bisnismu dan semacamnya. Dengan demikian, maka pakailah sudut pandang konsumen sentries agar mereka berpikiran bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan sangat cocok dengan apa yang konsumen rasakan saat itu juga. Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen agar mereka mudah mengingat produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dari keempat cara di atas, kamu dapat menjadikannya sebagai strategi branding untuk produk atau jasa kamu. Branding memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun bisnismu akan berjalan dengan sulit apabila tidak melakukan branding dengan maksimal.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by