Mary L. Boas

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mary Layne Boas (1917 – 2010) adalah seorang matematikawan dan profesor fisika berkebangsaan Amerika yang dikenal luas sebagai penulis buku teks perguruan tinggi Mathematical Methods in the Physical Science [2], yang masih dipakai hingga saat ini di berbagai perguruan tinggi di dunia.

Pendidikan dan karir[sunting | sunting sumber]

Mary L. Boas menamatkan gelar sarjana matematika pada tahun 1938 dan mendapatkan gelar master matematika pada tahun 1940 dari University of Washington, ia lalu mendapatkan gelar doktoral pada tahun 1948 di bidang fisika dari Massachusetts Institute of Technology.[1] Beliau mengajar fisika di Universitas DePaul Chicago selama tiga puluh tahun, ia kemudian pensiun pada tahun 1987 untuk kembali ke kampung halamannya di Washington.[1] Sebelum menjabat sebagai dosen di Universitas DePaul, ia pernah menjabat sebagai pengajar lepas di jurusan matematika Universitas Duke .

Kontribusi[sunting | sunting sumber]

Pada usia 88 tahun, pada tahun 2005, Mary L. Boas menerbitkan edisi ketiga buku teksnya yang legendaris.[2] Beliau menginisiasi beasiswa Mary L. Boas Endowed untuk University of Washington di tahun 2008 untuk mengapresiasi prestasi akademik mahasiswa perempuan dalam bidang fisika.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Mary L. Boas menikahi seorang matematikawan Ralph P. Boas, Jr. Putranya yang bernama Harold P. Boas, juga seorang matematikawan sukses. Mary L. Boas wafat pada tanggal 17 Februari 2010, di rumahnya di Seattle, Washington .

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Boas, Sherry (7 March 2010). "An exceptional mother-in-law beat the 'meddling' stereotype". Orlando Sentinel. Diakses tanggal 9 June 2010.