Laris Manis, Ini 5 Tips Memilih Influencer Untuk Endorse

Bagikan

Suatu hari, seorang owner online shop sedang memilih influencer untuk toko onlinenya.

“Wih follower instagram si X gede banget! Cocok nih buat endorse. Pasti banyak yang beli daganganku”

Wait. Kalau sobat Bizlab jadi si pemilik online shop ini, setujukah dengan pendapatnya?  Sudah pastikah pakaiannya akan laris dengan cara endorse lewat instagram yang followernya gede?

Padahal, Dalam Memilih Influencer, Nggak Bisa Asal Bilang “Followernya Gede, Nih. Sikat!!!”

Nggak bisa begitu, ya. Dalam memilih influencer, wajib banget untuk lihat banyak aspek yang harus dilengkapi. Selebgram dengan follower besar memang oke untuk promosi, tapi tidak selalu bagus untuk mendatangkan penjualan.

Ada beberapa aspek yang wajib banget diperhatikan bila ingin memilih selebgram untuk keperluan endorse:

1. Follower banyak dengan akun real

Follower banyak memang indikator sebuah akun instagram dikatakan sebagai selebgram. Namun, perhatikan juga apakah follower yang dipunyai merupakan real account ataukah bot. Saking ketatnya persaingan antara selebgram, ada beberapa oknum yang membeli follower bot untuk meningkatkan follower.

2. Ada baiknya memilih selebgram yang bisa influence

Nggak semua selebgram punya kemampuan influence yang baik. Agar item yang akan kamu endorsekan mendapatkan tingkat penjualan yang baik, sebaiknya sobat Bizlab memilih selebgram yang bisa menginfluence.

3. Sesuaikan profil selebgram dengan brand

Bila produk yang akan diendorse adalah produk bayi, ada baiknya memilih selebgram yang sudah punya Baby, ya! Akan aneh juga bila selebgram yang masih remaja mengendorse pakaian bayi.

4. Mintalah profil engagement selebgram tersebut

Jumlah followers penting dalam endorse? Iya, memang penting. Namun, ada yang lebih penting lagi, loh: engagement!

Yup, Engagement merupakan hal paling penting dalam endorse. Ketika ingin mengajukan produk untuk diendorse, sobat Bizlab bisa banget meminta profil dari selebgram tersebut secara sopan. Mintalah management mereka untuk mengirim screenschoot tampilan engagement yang real.

5. Sesuaikan harga endorse dengan budget yang dipunyai

Endorse memang penting untuk promosi. Namun, Sobat Bizlab juga harus menyesuaikan dengan budget yang dipunyai saat ini. Jangan menghabiskan sebagian besar budget untuk iklan saja. Tetap jaga quality product agar lebih bersaing.

Leave a Reply