Login

Register

Login

Register

Insight

Kursus Online: Prospek Yang Cerah Untuk Proses Pembelajaran

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Perkembangan teknologi benar-benar sukses mengubah segalanya menjadi online, tak terkecuali dengan proses pembelajaran. Saat ini orang-orang dapat melakukan proses pembelajaran dengan sistem online sehingga mereka hanya memerlukan koneksi internet serta laptop ataupun smartphone sebagai alat pembelajaran. Dengan demikian, maka kita tak perlu takut terhalang ruang dan waktu untuk memperdalam keahlian pada zaman sekarang. Semuanya serba mudah karena kita hidup di era digital.

Adanya kursus online tentu dapat mempermudah berbagai pihak, salah satunya adalah para mentor yang ingin memberikan ilmunya serta para murid yang ingin mendapatkan ilmu dari mana saja. Kursus online mempunyai kelebihan lebih dibandingkan dengan kursus yang biasa dilakukan dengan tatap muka atau offline.

1. Tidak Terikat Oleh Ruang dan Waktu

Selama masih ada koneksi internet serta laptop ataupun smartphone, kursus online dapat dilakukan tanpa ada halangan terkait tempat dan waktu. Seperti yang kita ketahui bahwa kursus online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai prosedur yang disetujui oleh mentor dan murid. Jangkaunnya pun terbilang sangat luas bahkan bisa sampai ke luar negeri. Dengan demikian, maka para murid tak perlu menghabiskan uang yang banyak apabila hendak belajar dari mentor yang sedang berada di luar negeri ataupun luar pulau. Para murid tersebut tinggal mencari platform yang menyediakan kursus online kemudian memilih kelas yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Apabila kamu bingung mencari platform yang menyediakan kursus online, maka kamu dapat menggunakan Bizlab sebagai temanmu untuk mencari keahlian lewat kursus online. Bizlab pun tidak hanya menyediakan kursus online, tetapi juga menyediakan fasilitas bagi siapa saja yang ingin menjadi mentor.

Setelah memilih kelas sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka kamu tinggal membayar dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya lewat mentor. Tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan transport untuk menuju ke tempat mentor berada. Tinggal membuka laptop dan hubungkan ke koneksi internet, kemudian kamu dapat belajar dengan sepuas-puasnya. Inilah kelebihan dari kursus online dibandingkan dengan kursus offline yang mengharuskan untuk datang ke suatu tempat.

2. Menghemat Pengeluaran

 Selain tidak terikat oleh ruang dan waktu, kursus online juga dapat menghemat pengeluaran untuk belajar kursus online. Pada awalnya kita memang harus membayar biaya untuk mengambil kursus online. Namun pengeluaran yang dikeluarkan hanya itu saja. Coba lihat apabila kita harus belajar kursus offline. Kita harus menyewa gedung atau kelas-kelas untuk melaksanakan kegiatan belajar offline. Hal ini tentu terlihat lebih boros jika dibandingkan dengan kursus online.

Kursus online juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin membuat sebuah tempat kursus. Dengan kursus online, kamu hanya perlu bermodalkan internet dan laptop untuk membuat sebuah platform yang menyediakan kegiatan belajar online. Apabila kamu membuat kursus offline, maka banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari penyewaan gedung, membayar gaji staff pengajar dan lain-lainnya.

Dengan demikian, maka kursus online memiliki prospek yang sangat cerah bagi sistem pembelajaran di Indonesia kedepannya. Hal ini sangat memudahkan bagi para mentor dan murid untuk saling berdiskusi terkait objek pembahasan yang akan dibicarakan. Saat ini tentu sudah ada beberapa platform yang menyediakan sistem pembelajaran secara online. Salah satunya yang sedang hype saat ini adalah Ruangguru. Ruangguru sedang banyak diperbincangkan oleh orang-orang karena mereka menyediakan fasilitas bagi anak SD, SMP maupun SMA yang ingin belajar secara online untuk mempersiapkan berbagai ujian di sekolahnya.

Permintaan kursus online di Indonesia pun semakin besar dari tahun ke tahun. Menurut perkiraan Ambient Insight, pada tahun 2021 pertumbuhan kursus online di Indonesia akan menempati urutan kedelapan tertinggi di dunia dengan pertumbuhan sebesar 14,3%. Data perkembangan kursus online dari Docebo juga menyebutkan bahwa bisnis kursus online di seluruh dunia diperkirakan akan meningkat sebesar 5% dari tahun 2016 hingga 2023 dengan total pendapatan melebihi Rp 3,44 kuadriliun). Dari statistik tersebut maka bisa dipastikan bahwa kursus online memiliki masa depan yang sangat cerah untuk kedepannya.

Daftarkan diri kamu dan tambah konten belajar di Bizlab untuk meningkatkan penghasilan di sini.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by