Login

Register

Login

Register

Insight

Kuasai Keahlian Tambahan Ini untuk Memperbagus CV Kamu

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan untuk membuat perusahaan terkesan dan tertarik denganmu. CV menjadi kesan pertama bagi perusahaan dalam menilai seseorang. Kesan pertama merupakan hal yang penting untuk memudahkan kamu maju ke langkah selanjutnya dalam proses rekruitmen pekerjaan. Lewat CV yang bagus, bisa jadi penentu apakah akan berhasil meyakinkan perusahaan dengan keahlian yang dimiliki atau tidak.

Seiring bertambah ketatnya persaingan di dunia kerja, ada beberapa keahlian tambahan yang bisa membuat sebuah curriculum vitae (CV) lebih bagus dan semakin dilirik oleh perusahaan. Salah satunya adalah keahlian berbahasa asing. Meskipun kedengarannya sederhana, namun keahlian ini dihargai dengan sangat tinggi oleh perusahaan, terutama perusahaan multi-nasional dan sedang mengembangkan bisnisnya ke berbagai negara lainnya. Karena itu, Bizlab akan membantu kamu dengan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keahlian berbahasa asing agar kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan posisi kerja di sebuah perusahaan.

  1. Dengarkan lagu dalam bahasa yang ingin kamu pelajari

Musik adalah cara yang bagus untuk membangun keterampilan mendengarkan bahasa asing. Tidak seperti film dan televisi, musik adalah sesuatu yang biasa kita hafal. Dengan musik, kita bisa belajar kata-kata dan bernyanyi bersama. Dengan akses yang tak terhitung lagi jumlahnya melalui YouTube dan layanan streaming, Kamu dapat menghabiskan sepanjang hari menemukan musik baru dalam bahasa yang ingin kamu kuasai dan memperkuat keterampilan mendengarkan.

2. Menonton video asing di youtube

Kamu dapat menemukan klip video yang pendek dan yang panjang tentang hampir semua hal yang menarik sesuai minat kamu. Dengan menonton beberapa saluran dalam bahasa yang ingin kamu kuasai, kamu dapat dengan mudah mempelajari bahasa gaul dan percakapan sehari-hari terkini sambil tetap mengikuti perkembangan budaya.

3. Membaca literature dalam bahasa tersebut

Jika kamu adalah orang yang menghabiskan banyak waktu di ponsel atau di depan komputer, maka ini seharusnya mudah dilakukan. Dengan perkembangan teknologi banyak e-book yang bisa kamu akses dari gadget sehari-harimu. Minimal kamu hanya perlu meluangkan beberapa menit perhari dan menggunakannya untuk membaca, yang tidak selalu sulit untuk dilakukan. Dan jika kamu terbiasa membaca lebih dari satu paragraf tulisan dalam bahasa lain yang tidak kamu ketahui dengan baik, maka hal ini akan semakin mudah dilakukan sebagai rutinitas harianmu.

4. Berlatih di depan cermin

Pernahkah menggunakan? Setiap orang tentu pernah melakukan hal ini: bicara kepada diri sendiri, begitu juga kamu, kan? Atau bahkan sering melakukannya hingga jadi kebiasaan? Manfaatkan cermin sebagai partner terbaik, yakni dirimu sendiri dalam mewujudkan impian mahir berbahasa asing. Yang dibutuhkan hanya kemauan dari dalam diri untuk melakukannya. Gunakan saja kata yang kamu ketahui dan sudah dipelajari.

Proses belajar kamu akan berjalan apabila kamu lakukan secara konsisten. Tidak ada yang bisa menjamin apakah kamu dapat menguasai bahasa asing tersebut hanya dalam sehari, sebulan atau setahun, kecuali dirimu. Semua itu bergantung pada usaha dan keyakinan untuk membuat CV kamu semakin bagus. Jadi bukannya tidak mungkin jika kamu mulai belajar dari sekarang, saat ingin bekerja nanti keahlianmu menjadi hal yang sangat dicari perusahaan tempatmu melamar pekerjaan.

Keahlian bahasa asing juga berguna untuk membranding diri kamu sebagai orang yang mampu berkomunikasi lebih luas. Kamu juga bisa pelajari apa kekuatan dan kelemahan diri kamu sebelum membranding diri hingga mengetahui peluang apa yang bisa kamu eksplorasi dan hambatan apa yang perlu diantisipasi.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by