KRI Teluk Ratai (509)

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SejarahAmerika SerikatIndonesia Ciri-ciri umum sebagai LST-678 Ciri-ciri umum sebagai Presque Isle

KRI Teluk Ratai (509) di Palembang pada 2013

Nama LST-678
Ganti nama Presque Isle, 31 Maret 1945
Asal nama Presque Isle County, Michigan
Pembangun American Bridge Company, Ambridge, Pennsylvania
Pasang lunas 29 April 1944
Diluncurkan 16 Juni 1944
Mulai berlayar 30 Juni 1944
Dipensiunkan 18 April 1947
Dicoret 1 Mei 1959
Identifikasi
  • Nomor lambung: APB-44
  • Tanda panggil: NFLK[1]
  • Nomor IMO: 5159870
Nasib Dijual sebagai kapal dagang sipil
Nama Teluk Ratai
Asal nama Teluk Ratai, bagian dari Teluk Lampung
Diperoleh 9 Februari 1967
Dipensiunkan 15 Agustus 2019
Ganti nama
  • Teluk Sindoro, 1980-an
  • Teluk Ratai, 2000-an
Pelabuhan daftar Surabaya
Identifikasi Nomor lambung: 509
Status Dinonaktifkan, rencananya akan dilestarikan sebagai kapal museum
Kelas dan jenis
  • kelas LST-542
  • kelas Teluk Langsa
Berat benaman
  • 1.625 ton panjang (1.651 t) ringan
  • 4.080 ton panjang (4.145 t) penuh
  • Panjang 328 ft (100 m)
    Lebar 50 ft (15 m)
    Sarat air
    • dibongkar :
    • 2 ft 4 in (0,71 m) haluan
    • 7 ft 6 in (2,29 m) buritan
    • dimuat :
    • 8 ft 2 in (2,49 m) haluan
    • 14 ft 1 in (4,29 m) buritan
    Pendorong 2 × Mesin diesel General Motors 12-567, dua poros, kemudi kembar
    Kecepatan 12 knot (22 km/h; 14 mph)
    Kapal dan pesawat
    yang diangkut
    2 × LCVP
    Tentara 16 perwira, 147 tamtama
    Awak kapal 7 perwira, 104 tamtama
    Sensor dan
    sistem pemroses
    • pada KRI Teluk Ratai
    • Radar navigasi dan pencarian permukaan AN/SPS-21
    Senjata
  • sebagai USS LST-678
  • 8 × Meriam 40 mm
  • 12 × Meriam 20 mm
  • sebagai KRI Teluk Ratai
  • 8 × Dudukan Meriam 37 mm tunggal
  • Kelas dan jenis Kapal barak kelas Benewah
    Berat benaman 4,000 ton
    Panjang 328 ft 0 in (99,97 m)
    Lebar 50 ft 0 in (15,24 m)
    Sarat air 11 ft 2 in (3,40 m)
    Kecepatan 12 knot (22 km/h; 14 mph)
    Awak kapal 141; 1,226 pasukan
    Senjata
    • 2 × Dudukan meriam quad 40 mm
    • 2 × Senapan mesin 05 in (127,0 mm)
    • 4 × Senapan mesin .30 cal (7.62 mm)

    USS LST-678 adalah landing ship tank kelas LST-542 yang dibuat untuk Angkatan Laut Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Kemudian dia dikonversi menjadi kapal barak kelas Benewah sebagai USS Presque Isle (APB-44), diberi nama dari Presque Isle County, Michigan. Dia diakuisisi oleh Angkatan Laut Indonesia pada tahun 1967 sebagai KRI Teluk Ratai (509) dan dinonaktifkan pada tahun 2019. Rencananya akan dilestarikan sebagai kapal museum.

    Sejarah layanan[sunting | sunting sumber]

    Lunas pertama USS LST-678 diletakkan pada tanggal 29 April 1944 oleh American Bridge Company, Ambridge, Pennsylvania. Dia diluncurkan pada 16 Juni 1944 dan ditugaskan pada 30 Juni 1944.

    Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

    Setelah penggeledahan di Teluk Meksiko, LST-678 melanjutkan perjalanan melalui Terusan Panama dan San Diego ke Pearl Harbor, yang berangkat pada 24 Januari 1945 untuk berpartisipasi dalam invasi Iwo Jima. Diganti namanya menjadi USS Presque Isle (APB-44) pada tanggal 31 Maret 1945, dia memberikan dukungan logistik untuk Kampanye Iwo Jima dari 22 Februari hingga 3 Maret. Di Saipan, dia bersiap untuk invasi ke Okinawa. Di Okinawa, dia berpartisipasi dalam pendaratan pengalih perhatian di pantai selatan pada tanggal 1 April 1945, dan hari itu menyelamatkan 188 orang dari LST-884 yang terkena kamikaze. Pada tanggal 2 dia diberi tugas tender, perumahan, dan persediaan. Berangkat dari Okinawa pada 8 Juli, ia menghabiskan sisa perang di San Pedro dan Teluk Subic, Filipina.

    Layanan pasca perang[sunting | sunting sumber]

    Setelah perang berakhir, dia ditugaskan untuk Pendudukan Jepang dari 20 September 1945 hingga 14 Februari 1946.[1] Pada bulan Juli 1946, dia berpartisipasi dalam Operasi Crossroads, uji coba senjata nuklir di Bikini Atoll. Pulau Presque ditugaskan ke Satgas 1.8.3 Gugus Tugas 1.8 yang merupakan bagian dari Satgas Gabungan Satu. Satuan tugasnya bertanggung jawab untuk mengirimkan kiriman dan layanan perahu. Satgas Gabungan Satu sendiri dibentuk pada 11 Januari 1946. Hal ini mengikuti prinsip dasar gugus tugas amfibi yang digunakan selama perang, dengan mempertimbangkan perlunya program ilmiah. Staf gugus tugas gabungan terdiri dari personel ilmiah Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan sipil.[2]

    Presque Isle dinonaktifkan pada tanggal 18 April 1947, dia memasuki Armada Cadangan Atlantik di Charleston Navy Yard. Kapal tersebut tidak pernah diaktifkan kembali dan dicoret dari Daftar Kapal Angkatan Laut pada tanggal 1 Mei 1959.

    Dia dijual untuk layanan komersial berbendera Liberia MV Inagua Shipper.[3] Bersama dengan MV Inagua Crest, Inagua Foam dan MV Cal-Agro berbendera Honduras, Inagua Shipper disewa oleh Dinas Transportasi Laut Militer pada November 1962 untuk mengangkut kargo dan penumpang militer.[4]

    Layanan Angkatan Laut Indonesia[sunting | sunting sumber]

    Pada tanggal 9 Februari 1967, MV Inagua Crest dan MV Inagua Shipper diakuisisi oleh TNI Angkatan Laut dan masing-masing berganti nama menjadi KRI Teluk Tomini (508) dan KRI Teluk Ratai (509).[5] Sebagai bekas kapal dagang, Teluk Ratai dipersenjatai dengan enam, kemudian ditingkatkan menjadi delapan, senjata antipesawat 70-K 37 mm Soviet dalam satu dudukan.[6][7] Kapal ini juga dilengkapi dengan radar pencarian dan navigasi permukaan AN/SPS-21.[7]

    Pada tahun 1980an dia berganti nama menjadi KRI Teluk Sindoro dan pada awal tahun 2000an namanya diubah kembali menjadi Teluk Ratai.[3][7] Kapal tersebut dipindahkan ke Komando Lintas Laut Militer Surabaya pada tanggal 1 April 1990. Sebelumnya ditugaskan di Satuan Kapal Amfibi Komando Armada Timur.[8]

    Saat bertugas di TNI Angkatan Laut, Teluk Ratai terlibat dalam berbagai operasi militer, termasuk mengangkut pasukan dan logistiknya ke pulau-pulau terluar Indonesia, daerah rawan gangguan, dan ke perbatasan Indonesia dengan Timor Timur, Papua Nugini,[9] dan perbatasan Indonesia dengan Malaysia, seperti di Ambalat.[10] Ia juga turut serta dalam upaya TNI Angkatan Laut dalam pembangunan nasional melalui program ABRI Masuk Desa dan Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya.[11]

    Kapal tersebut mengangkut logistik ke daerah-daerah yang terkena dampak gempa dan tsunami Samudera Hindia tahun 2004. Pada tanggal 8 Februari 2005, Teluk Ratai bersama KRI Teluk Langsa mendarat di pantai Calang, Kabupaten Aceh Jaya. Mereka menurunkan sebagian dari tiga jembatan bailey yang akan digunakan untuk menghubungkan akses jalan dari Banda Aceh dan Meulaboh ke kota yang terputus akibat tsunami.[12] Pada tanggal 22 Februari, ia mengangkut bahan bangunan, makanan dan air minum, dispenser air, terpal, drum bensin, dan berbagai macam pelumas mesin. Kapal tersebut juga membawa berbagai senjata ringan dari Pangkalan Angkatan Laut Teluk Bayur, terdiri dari 50 M1 Garand, 13 SAFN, 14 senjata Owen, 3 Madsen M-50, 1 Sten, 1 "Schmeiser", dan 1 "Remington".[13]

    Pada tanggal 15 September 2012, Teluk Ratai bersama KRI Teluk Bone, veteran Perang Dunia II lainnya, mengikuti pelayaran pelayaran sebagai bagian dari Sail Morotai 2012. Sailing pass sendiri diadakan dalam rangka memperingati Pertempuran Morotai yang dimulai pada tanggal 15 September 1944. Sailing pass juga diikuti oleh kapal perang Indonesia dan asing lainnya.[14]

    Teluk Ratai mendarat di pantai selatan Pangkalan Angkatan Laut Banyuwangi pada 17 Maret 2013 sebagai bagian dari latihan antar dinas tingkat batalyon. Dia menurunkan pasukan dan kendaraan dari Batalyon Infanteri Mekanik ke-202 "Tajimalela".[15] Pada tanggal 19 Februari 2016, kapal melakukan latihan meriam dengan meriam 37 mm di perairan Pulau Gundul, bagian dari Kepulauan Karimunjawa.[16]

    Pada tanggal 15 Agustus 2019, Teluk Ratai bersama Teluk Bone dinonaktifkan dalam upacara yang diadakan di Markas Komando Armada II di Surabaya.[17] Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Staf Kodam. Pada saat dinonaktifkan, kapal tersebut merupakan kapal perang tertua di TNI Angkatan Laut.[18]

    Pertemuan Wali Kota Pariaman dengan para perwira Lantama TNI Angkatan Laut II Padang digelar pada 7 Juni 2021. Hasil pertemuan tersebut, Teluk Ratai diserahkan kepada Pemerintah Kota Pariaman untuk dilestarikan sebagai kapal museum.[19][20] Rencananya, kapal tersebut akan ditambatkan di Kabupaten Pariaman Tengah, baik di Pantai Pauh maupun di belakang GOR Pauh.[21] Pada tanggal 21 Juni, TNI Angkatan Laut sedang memproses administrasi kapal tersebut, sementara pemerintah kota sedang mendiskusikan sumber daya yang dibutuhkan untuk menambatkannya dan dana untuk menarik kapal dari pelabuhan asal di Surabaya ke Pariaman.[22] Pertemuan kembali dilakukan antara Walikota Pariaman dan Panglima Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut II Padang pada tanggal 14 Desember yang membahas rencana pengembangan museum bahari yang mencakup Teluk Ratai.[23]

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman pada 4 Januari 2022 mengatakan, anggaran sebesar 1,5 miliar rupiah akan dialokasikan untuk pengerjaan halaman dermaga Teluk Ratai di Pasir Pauh, Pariaman. Halamannya memiliki lebar 12 meter dan panjang 80 hingga 100 meter. Pembangunan pelataran tersebut direncanakan akan dimulai pada April 2022.[24] Pada Oktober 2022, Walikota Pariaman mengatakan Pemkot hanya mampu menyediakan dana sebesar 2 Miliar dari total 10 Miliar rupiah untuk merelokasi kapal ke Pariaman dan telah meminta dana dari pemerintah pusat..[25]

    Penghargaan[sunting | sunting sumber]

    Sebagai USS Presque Isle, kapal tersebut memperoleh penghargaan berikut:[1]

    Referensi[sunting | sunting sumber]

    • Artikel ini mengandung teks dari Dictionary of American Naval Fighting Ships yang berstatus domain umum. Entrinya bisa ditemukan di sini dan di sini.
    • United States. Dept. of the Treasury (1962). Treasury Decisions Under the Customs, Internal Revenue, Industrial Alcohol, Narcotic and Other Laws, Volume 97. U.S. Government Printing Office.
    • Moore, Capt. John (1981). Jane's Fighting Ships 1981-82. Jane's Information Group. ISBN 978-0710607287.
    • Sharpe, Capt. Richard (1989). Jane's Fighting Ships 1989-90. Jane's Information Group. ISBN 978-0710608864.
    • Saunders, Cdre. Stephen (2004). Jane's Fighting Ships 2004-2005. Jane's Information Group. ISBN 978-0710626233.
    • Fairplay International Shipping Journal Volume 222. United Kingdom: Fairplay Publishing Limited. 1967.

    Link eksternal[sunting | sunting sumber]

    Templat:Teluk Langsa class tank landing ship Templat:LST-542 class tank landing ship Templat:Benewah class barracks ship