Wajib Punya! Keterampilan Untuk Penulis Konten

Situs Penambah Penghasilan Menulis
Bagikan

Penulis konten selalu dibutuhkan, terlebih pada saat ini. Kenyataannya banyak yang belum memahami keterampilan apa saja yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah keterampilan khusus yang dibutuhkan seorang penulis konten:

Keterampilan SEO

Hampir semua penulis konten dituntut untuk memiliki pemahaman yang luas tentang teknik optimasi mesin pencari. Bahkan beberapa perusahaan menetapkan ini pada saat evaluasi kandidat penulis kontennya. Meskipun artikel yang kamu tulis sangat menarik, tapi jika kamu tidak mempunyai keterampilan SEO, maka mesin pencari akan sulit untuk mengindeksnya. 

Kamu perlu memahami istilah-istilah seperti pencarian kata kunci, volume pencarian, SERP, dan tag meta. Keterampilan SEO tidak wajib, akan tetapi keterampilan ini membantu kamu menulis konten peringkat tinggi pada situs web atau blog.

Keterampilan penelitian

Kamu tidak dapat menjadi penulis konten yang baik tanpa memiliki keterampilan meneliti. Sebagai penulis, pekerjaan dimulai dengan menganalisa pesaing. Kesalahan-kesalahan dan hal baik apa yang sudah dilakukan oleh pesaing kamu. 

Misalnya. meneliti tinggi rendahnya volume kata kunci yang digunakan sehingga tahu mana yang mendatangkan audiens secara organik. Keterampilan penelitian diperlukan untuk menyediakan konten berkualitas tinggi yang menarik para pengguna web. 

Keaslian

Nilai seorang penulis diukur dari kemampuannya menulis konten asli. Ini bisa didapat dari latihan yang terus menerus. Bacalah karya penulis atau penulis favoritmu dan kenali gaya penulisan mereka. Pada tahap awal kamu bisa meniru gaya mereka sampai kamu mempunyai gaya penulisan sendiri. Lagipula, tidak ada ruang untuk plagiarisme dalam penulisan konten.

Keterampilan beradaptasi

Semua bidang penulisan konten memiliki persyaratan yang berbeda. Penulis konten harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan tuntutan industri penulisan konten yang selalu berubah-ubah. Tetapi ini bukan berarti kamu harus merubah gaya penulisanmu. Yang kamu butuhkan adalah mengetahui kebutuhan audiens. Misalnya, konten perjalanan untuk audiens yang lebih muda, teksnya ditulis berbeda dengan konten yang ditulis untuk industri perusahaan.

 Keterampilan untuk meningkatkan kualitas

Setiap artikel yang kamu tulis hari ini harus lebih baik dari yang ditulis sebelumnya. Prinsip ini adalah penuntun bagi semua penulis konten yang bercita-cita tinggi. Selalu tetapkan standar kualitas tinggi untuk diri kamu sendiri dan cobalah untuk mencapainya. Jangan khawatir tulisan kamu yang belum sempurna di awal. Kesalahan adalah bagian dari belajar. Tetapi, kemampuan kamu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan adalah cara untuk meningkatkan kualitas.

Keterampilan mengoreksi dan mengedit

Konten yang sarat dengan kesalahan bahasa akan sulit untuk dibaca. Kamu perlu mempertajam keterampilan mengoreksi dan mengedit tulisan sendiri. Dan ini semua kembali ke penetapan standar yang tinggi atas diri kamu sendiri. Latihan terus menerus akan membantu kamu mengantisipasi dan mengidentifikasi kesalahan penulisan yang dapat mengurangi kualitas konten kamu.

Manajemen waktu

Bisa jadi kamu adalah penulis konten yang handal, tetapi konten kamu tidak berguna jika tidak datang tepat waktu. Klien kamu punya tenggat waktu dan kamu harus selalu fokus untuk memberikan hasil akhir dalam waktu yang sudah ditentukan.

Penulis konten yang baik dapat membaca instruksi tugas dan memahami berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

Intinya, pekerjaan sebagai penulis bukan hanya pada keterampilan menulis saja, akan tetapi membutuhkan keterampilan lain untuk menarik pemberi kerja.