Kenali Bedanya Content Writing dan Copywriting

Kenali beda copywriting dan content writing
Bagikan

Content writing dan Copywriting memiliki nama yang cukup mirip. Kedua pekerjaan ini sedang naik daun di era digital dan banyak perusahaan yang membutuhkan jasa Content  Writer dan Copywriter. Kalau kalian tertarik untuk menjadi seorang Content Writer atau Copywriter, maka artikel ini cocok untuk kalian yang ingin mempelajarinya.

Namanya yang mirip kadang membuat orang bingung, sebenarnya apa perbedaannya? Sebenarnya Content writing dan Copywriting merupakan 2 hal yang berbeda dan memiliki tugas yang berbeda. Simak artikel ini untuk mengetahui perbedaanya.

Content Writing

Content writing adalah penulisan sebuah konten yang bisa berbentuk artikel, microblog, post di social media atau apapun itu yang ditulis dalam platform online. Seorang yang melakukan Content Writing biasa disebut sebagai Content writer.

Umumnya seorang Content Writer menuliskan sebuah konten yang sudah ditentukan di perusahaan tempat mereka bekerja. Penulisan konten ini bertujuan untuk menarik audiens online sebanyak-banyaknya agar mereka dapat mengenali produk/jasa yang ada pada perusahaan tersebut, atau bisa juga artikel tentang edukasi bagi orang awam.

Profesi ini tentunya dapat dipelajari dengan mudah di Internet atau online course yang menyediakan pembelajaran kelas Content Writing. Kalau kalian memiliki kemampuan dan minat di bidang menulis, maka kalian bisa mengikuti kelasnya dan jadi salah satu seorang content writer

Copywriting

Copywriting adalah sebuah penulisan teks iklan atau tagline pada sebuah konten. Tujuan adanya copywriting adalah untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa pada sebuah perusahaan kepada audiens. Seorang yang melakukan Copywriting biasa disebut sebagai Copywriter.

Seorang Copywriter harus bisa beradaptasi pada lingkungan mereka bekerja. Contohnya apabila seorang copywriter bekerja pada industri skincare wanita. Maka Copywriter tersebut harus meriset apa yang sedang tren pada skincare wanita. Mereka harus bisa memberikan tagline, memberikan script iklan dan bentuk ajakan kepada audiens agar memakai jasa/produk yang dibuat oleh perusahaan.

Copywriting dapat dipelajari di internet atau online course yang menyediakan pembelajaran kelas Copywriting. Kalian bisa melihat bentuk ajakan suatu brand ternama yang bisa kalian jadikan referensi untuk membuat portofolio Copywriting kalian. 

Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Content Writer dan Copywriter

 Kemampuan Menulis

Tugas utama seorang Content Writer dan  Copywriter adalah melakukan penulisan untuk membuat audiens atau client menggunakan produk/jasa perusahaan kita. Content Writer  dan Copywriter harus paham tentang draft penulisan, punya kosakata yang luas dan kreatif dalam menentukan penulisan. Jadi kemampuan menulis merupakan modal utama untuk menjadi seorang content/copywriter yang handal.

Riset

Seorang Content Writer dan Copywriter harus melakukan riset terhadap tren masa kini. Karena dengan mengetahui apa tren masa kini, kita dapat membuat tulisan yang membuat audiens tertarik menggunakan produk kita karena produk yang ada berkorelasi dengan tren masa kini. 

Mahir Menggunakan Social Media

Content Writer dan Copywriter akan mem-publish tulisannya di internet terutama pada social media dikarenakan social media merupakan tempat yang tepat untuk mencari audiens sebanyak mungkin. Dengan kita mahir menggunakan social media, maka kita akan tau kapan kita harus mem-publish hasil tulisan kita sehingga peluang mendapatkan audiens yang akan menggunakan produk perusahaan kita akan kita dapatkan secara maksimal.Di atas adalah perbedaan Content Writer dan Copywriter. Apakah kalian sudah tertarik menjadi salah satunya? Kalau sudah ayo mulai karirmu dan jadilah seorang Content Writer dan Copywriter yang baik !