Kareena Kapoor

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kareena Kapoor Khan (diucapkan [kəˈriːnaː kəˈpuːr]; lahir 21 September 1980) adalah seorang aktris India yang muncul dalam film-film Hindi. Dia adalah putri dari aktor Randhir Kapoor dan Babita, dan adik dari aktris Karisma Kapoor. Terkenal karena memainkan berbagai karakter dalam berbagai genre film—dari komedi romantis hingga drama kriminal—Kareena Kapoor telah menerima beberapa penghargaan, termasuk enam Penghargaan Filmfare, dan merupakan salah satu aktris Bollywood paling populer dan dengan bayaran tertinggi.

Setelah melakukan debut aktingnya pada tahun 2000 di Pengungsi, Kapoor memantapkan dirinya dengan peran dalam drama Aśoka dan Kabhi Khushi Kabhie Gham... (keduanya tahun 2001). Ini diikuti oleh serangkaian kegagalan komersial dan ulasan negatif untuk peran berulangnya. Penampilan lawan tipe sebagai pekerja seks dalam drama Chameli menandai titik balik dalam kariernya. Dia mendapatkan pengakuan kritis atas perannya sebagai korban kerusuhan dalam drama tahun 2004 Dev dan karakter berdasarkan pahlawan wanita William Shakespeare Desdemona dalam film kejahatan tahun 2006 Omkara. Pujian lebih lanjut datang untuk penampilannya dalam film komedi romantis Jab We Met (2007) dan Ek Main Aur Ekk Tu (2012), thriller Kurban (2009) dan Talaash: The Answer Lies Within (2012), dan drama We Are Family ( 2010), Srikandi (2012) dan Udta Punjab (2016). Rilisan terlarisnya termasuk drama 3 Idiots (2009), Bodyguard (2011) dan Bajrangi Bhaijaan (2015), film aksi Singham Returns (2014), dan komedi Veere Di Wedding (2018) dan Good Newwz (2019). Kapoor menikah dengan aktor Saif Ali Khan, dengan siapa dia memiliki dua putra. Kehidupannya di luar layar menjadi subjek liputan luas di India. Dia dikenal blak-blakan dan tegas dan dikenal karena gaya busananya. Selain akting film, Kapoor berpartisipasi dalam pertunjukan panggung, menjadi pembawa acara radio dan telah berkontribusi sebagai penulis bersama untuk dua memoar otobiografi dan dua buku panduan nutrisi. Dia telah memulai lini pakaian dan kosmetiknya sendiri untuk wanita, dan telah bekerja dengan UNICEF sejak 2014 untuk mengadvokasi pendidikan anak perempuan dan peningkatan pendidikan berbasis kualitas di India.

Awal Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Kareena dan Karisma Kapoor bersama ibu mereka BabitaPictured with mother Babita (left) and sister Karisma. In an interview with journalist Vir Sanghvi, Kapoor stated that growing up with the two of them helped her become strong and independent.[1]

Lahir pada 21 September 1980 di Bombay (sekarang Mumbai), Kapoor (sering secara informal disebut sebagai 'Bebo') adalah putri bungsu dari Randhir Kapoor dan Babita (née Shivdasani); kakak perempuannya Karisma juga seorang aktris. Dia adalah cucu dari pihak ayah dari aktor dan pembuat film Raj Kapoor, cucu dari pihak ibu dari aktor Hari Shivdasani, dan cicit dari pembuat film Prithviraj Kapoor. Aktor Rishi Kapoor adalah pamannya, dan putranya, aktor Ranbir Kapoor, adalah sepupunya. Menurut Kapoor, nama "Kareena" berasal dari buku Anna Karenina, yang dibacakan ibunya saat dia hamil. Ia keturunan Hindu Punjabi dari pihak ayahnya, dan dari pihak ibunya ia keturunan Hindu Sindhi dan Inggris. Menggambarkan dirinya sebagai anak yang nakal dan manja, keterpaparan Kapoor terhadap film sejak usia muda membangkitkan minatnya dalam berakting; dia sangat terinspirasi oleh karya aktris Nargis dan Meena Kumari. Terlepas dari latar belakang keluarganya, ayahnya tidak menyetujui wanita memasuki film karena dia yakin hal itu bertentangan dengan tugas dan tanggung jawab keibuan tradisional wanita dalam keluarga. Hal ini menyebabkan konflik antara orang tuanya dan mereka tinggal terpisah sebelum berdamai pada Oktober 2007. Dia dibesarkan oleh ibunya, yang melakukan beberapa pekerjaan untuk menghidupi putrinya sampai Karisma memulai debutnya sebagai aktris pada tahun 1991. Meskipun ayahnya tidak hadir di sebagian besar masa kecilnya, Kapoor mengatakan bahwa ayahnya memainkan peran penting dalam hidupnya.

Kapoor bersekolah di Jamnabai Narsee School di Mumbai, diikuti oleh Welham Girls' School di Dehradun. Dia bersekolah di institusi tersebut terutama untuk memuaskan ibunya, meski kemudian mengaku menyukai pengalaman tersebut. Menurut Kapoor, dia tidak tertarik pada akademisi meskipun mendapat nilai bagus di semua kelasnya kecuali matematika. Setelah lulus dari Welham, dia kembali ke Mumbai dan belajar perdagangan selama dua tahun di Mithibai College. Kapoor kemudian mendaftar untuk kursus musim panas tiga bulan dalam mikrokomputer di Harvard Summer School di Amerika Serikat. Dia kemudian mengembangkan minat pada hukum, dan mendaftar di Government Law College, Mumbai; selama periode ini, dia mengembangkan hasrat membaca yang bertahan lama. Namun, setelah menyelesaikan tahun pertamanya, dia memutuskan untuk mengejar minatnya dalam berakting, meskipun kemudian dia menyesal tidak menyelesaikan pendidikannya. Ia memulai pelatihan di sebuah institut akting di Mumbai yang dibimbing oleh Kishore Namit Kapoor, seorang anggota Institut Film dan Televisi India.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Daftar penghargaan dan nominasi yang diraih oleh Kareena Kapoor

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Kareena Kapoor di IMDb (dalam bahasa Inggris)
  1. ^ Kapoor, Kareena (Actress) (10 September 2008). People take advantage of me: Kareena. Mumbai, India: Metacafe. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 January 2012. Diakses tanggal 8 July 2010.