Kapan Sebaiknya Upload Konten di Instagram?

Bagikan

Buat sebagian orang yang menganggap instagram sebagai hiburan semata, mikirin jam upload kayaknya bukan suatu hal yang penting. Beda halnya dengan mereka yang menganggap instagram sebagai ladang hasilkan cuan: jam upload konten itu penting banget! banget, banget, banget!

Sobat Bizlab mesti tahu, selain kualitas konten yang baik, jam upload itu juga berpengaruh banget, loh! Jam upload konten yang tepat bakal menghasilkan engagement yang lebih naik dari biasanya. 

Sebelumnya, sobat Bizlab harus tahu kalau kunci kenaikan engagement itu tergantung pada 3 komponen utama:

  1. Kualitas Konten
  2. Jam Upload
  3. Interaksi dengan Audience

3 komponen utama ini wajib banget dipenuhi. Kualitas konten yang bagus saja tak akan bisa menaikan engagement bila interaksi dengan audience kurang, begitupun sebaliknya. Jam upload yang tepat juga nggak bakal mempengaruhi sebagian besar engagement bila kualitas kontennya buruk. Ini kunci utama yang harus sobat Bizlab pahami. 

Masalahnya, jam berapa sebaiknya kita upload konten di Instagram?

Sebenarnya rulesnya cukup mudah:

“Pahami kapan biasanya orang-orang menyentuh ponsel untuk bersosial media”. 

Kebiasaan ini juga beda-beda tergantung dengan tingkat kebiasaan masing-masing target audience. Misalkan saja, kalau konten kamu punya target audience anak muda sekolahan, pahami kapan biasanya mereka menyentuh ponsel: bisa di malam hari ketika mereka sudah boleh pegang hp atau jam istirahat sekolah. 

Beda lagi ketika target audience kamu itu pekerja kantoran. Kamu harus paham kapan biasanya mereka pegang media sosial. Bisa jadi, karena aturan kerja di Indonesia yang nggak semua ketat-ketat amat, jam kantor pukul 10 pagi sampai 12 siang justru jadi waktu paling banyak mengakses media sosial. 

Kebiasaan begadang mahasiswa Indonesia juga jadi indikasi ramainya trafik di malam hari. Nah, kamu bisa upload konten di jam tersebut. Sekiranya, coba upload konten pukul 22.00 sampai 00.00. 

Sobat Bizlab juga harus paham kalau khusus bulan tertentu, jam upload efektif juga berubah. Di bulan Ramadhan, orang-orang tidak akan aktif di siang hari. Oleh karena itu, coba jadwalkan konten di jam-jam berbuka maupun sahur. 

2 Comments

Leave a Reply