Jenis-jenis Kursus Online

Bagikan

Saat ini memperdalam soft skill tentu tidak perlu keluar rumah. Sudah banyak yang menyediakan kursus online untuk mempermudah siapa saja yang hendak mempelajari soft skill dengan berbagai macam keahlian yang disediakan, mulai dari keahlian menulis, berbicara hingga keahlian marketing. Namun terkadang saat kita hendak mengambil kursus online keraguan selalu saja datang. “Kursus online itu seperti apa sih dan bagaimana cara penggunaannya?” Kira-kira seperti itulah pertanyaan yang ada di benak orang-orang yang akan menggunakan kursus online.

Secara singkat kursus online adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh mentor dan para muridnya secara online di dalam kelas virtual. Jadi, secara teknis mentor mengajarkan ilmu melalui video call ataupun mengajak diskusi para muridnya lewat WhatsApp Group. Kegiatan belajar seperti ini tentu sudah banyak dilakukan oleh universitas yang ada di Indonesia. Kendati demikian, mereka tentu mempelajari mata kuliah bukan keahlian. Nah, untuk saat ini kita akan membahas mengenai kursus online yang mempelajari berbagai macam keahlian.

Era digital membuat segalanya terasa mudah. Dengan demikian, sistem pembelajaran pun juga berubah dengan adanya internet. Para mentor tentu membutuhkan sistem belajar yang efektif, kondusif, serta fleksibel agar dapat mengajarkan ilmunya kepada para murid. Di sisi lain, para murid juga membutuhkan pembelajaran yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja untuk memperdalam keahliannya agar dapat mempersiapkan diri dengan baik. Mereka hanya perlu mengakses berbagai macam keahlian dengan hanya bermodalkan PC dan saluran internet. Kelas online tentu menjadi jawaban yang tepat atas keresahan mereka.

Kursus online dapat diakses oleh siapapun yang hendak mempelajari berbagai keahlian. Ada dua tipe kursus online yang dapat digunakan dalam sebuah platform

1. Sinkron

Sinkron merupakan kursus online yang dibimbing langsung oleh mentor pada sebuah platform. Mentor biasanya langsung memberikan pembelajaran kepada muridnya melalui video conference ataupun chat yang biasanya dapat melalui WhatsApp Group atau aplikasi chat lainnya. Dari video atau chat tersebut, murid dapat mengajukan berbagai pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan oleh mentor tanpa perlu malu. Mentor pun tentunya akan menjawabnya dengan senang hati melalui video maupun chat. Kegiatan kursus online seperti ini disebut sebagai sinkron atau secara hematnya sinkron merupakan kursus online yang berjalan secara dua arah, yaitu adanya mentor dan murid. Murid akan lebih terbuka dengan sistem pembelajaran seperti ini karena mereka tidak perlu malu untuk bertanya. Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka yang terkadang sulit untuk berbicara di  depan umum.

Bizlab sendiri masuk ke dalam kategori ini. Selain belajar dengan menonton video materi, peserta juga bisa bergabung ke dalam WhatsApp Group untuk belajar lebih intensif bersama mentor. Pelajari cara belajar di Bizlab, klik di sini.

2. Asinkron

Berbeda dengan sinkron, asinkron merupakan proses pembelajaran dari kursus online secara satu arah. Satu arah yang dimaksud di sini adalah murid mempelajari ilmu melalui web ataupun email. Sehingga tutor tidak memiliki peran dalam tipe kursus online asinkron. Murid belajar mandiri dengan materi-materi penunjang yang ada dari web maupun email. Kelemahan dari kursus online tipe asinkron tentu terletak dari murid yang sulit untuk melakukan kegiatan tanya jawab secara langsung. Kelebihan dari asinkron adalah murid dapat belajar mandiri sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kognitif mereka.

Sejauh ini sudah banyak platform-platform yang menyediakan kursus online sehingga kamu dapat memaksimalkannya dengan baik. Kursus online pun tidak hanya bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan ilmu namun juga dapat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin menjadi mentor. Salah satu platform kursus online yang menyediakan fasilitas untuk orang-orang yang ingin menjadi mentor adalah Bizlab. Bizlab membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendaftarkan diri sebagai mentor dan membagikan ilmu-ilmu yang mereka punya. Kamu dapat melihat bagaimana caranya mendaftar sebagai mentor untuk kursus online Bizlab di sini

Supaya tidak ketinggalan update dan tips dari Bizlab, ayo berlangganan email dari kami. Semua isi dijamin sangat berguna untuk kamu.

Kalau ternyata memang tidak sesuai, kamu tinggal unsubscribe

Leave a Reply