Jalan Panjang Bersihkan Puing Serangan Israel di Gaza hingga 14 Tahun Lamanya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Puing akibat serangan Israel di Gaza, Palestina diprediksi memerlukan waktu lama untuk dibersihkan. Pejabat PBB memperkirakan butuh 14 tahun untuk membersihkan puing termasuk untuk membuang persenjataan yang belum meledak.

Dilansir Reuters, Sabtu (27/4/2024), serangan militer Israel yang diklaim untuk membalas Hamas di Gaza telah menghancurkan sebagian besar wilayah pesisir yang sempit dan berpenduduk 2,3 juta orang itu. Banyak penduduk sipil kehilangan tempat tinggal, kelaparan dan berisiko terkena penyakit.

Ada sebanyak 37 ton puing akibat serangan di wilayah perkotaan dan padat penduduknya. Hal itu dikatakan perwira senior di Dinas Pekerjaan Ranjau Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNMAS), Pehr Lodhammar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan bahwa meskipun tidak mungkin untuk menentukan jumlah pasti persenjataan yang belum meledak yang ditemukan di Gaza, diperkirakan diperlukan waktu 14 tahun dalam kondisi tertentu untuk membersihkan puing-puing, termasuk puing-puing dari gedung yang hancur.

"Kami tahu bahwa biasanya ada tingkat kegagalan setidaknya 10% dari amunisi jasa darat yang ditembakkan dan kandas berfungsi," katanya.

"Kita berbincang tentang 14 tahun kerja dengan 100 truk," sambungnya.

Hamas sebelumnya melakukan serangan mendadak ke Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang, menurut kalkulasi Israel. Hamas diyakini tetap menahan 129 dari 253 sandera yang disandera sejak 7 Oktober 2023.

Israel kemudian melakukan serangan ke Gaza dan menewaskan 34.305 penduduk Palestina dan menyebabkan 77.293 orang terluka sejak 7 Oktober 2023.

(dek/dwia)