fbpx

Artikel

Ingin Terlihat Lebih Professional? Manfaatkan Media Sosialmu Seperti Ini

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dengan adanya proses globalisasi, kita dapat dengan mudah mencari informasi sehingga dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu secara aktual atau seperti kita ketahui bahwa sekarang adalah jamannya era digital. Dimana segala sesuatu semakin berkembang dan mengalami perubahan yang pesat. Salah satu yang mengalami perubahan adalah dalam bidang telekomunikasi.

Kemajuan dalam bidang telekomunikasi tersebut turut menginfluence pada perubahan perilaku sosial penggunanya. Pada saat ini internet sudah dijadikan sebagai kebutuhan primer. Media sosial yang sebelumnya hanya digunakan sebagai ajang komunikasi dan interaksi sesama pengguna, akhir-akhir ini pengunaannya meluas menjadi sarana untuk berjualan sampai untuk menunjukkan kelas sosialnya.

Selain dapat mengakses beragam konten pengetahuan maupun yang menghibur, pengguna juga dapat memanfaatkan media sosial untuk membantu personal branding. Personal branding adalah sebuah cara memasarkan diri atau imej kita secara individu. Sehingga, berbagai foto, video, maupun status yang terpasang di media sosial bisa digunakan untuk mengaktualisasi kepribadian maupun menganalisa potensi diri.

Tentukan Positioning Diri

Salah satu tolok ukur keberhasilan personal branding adalah posisi diri agar nantinya kamu mampu mendefinisikan diri dengan baik melalui media sosial. Hal ini akan berdampak pada bagaimana kamu akan dilihat oleh pengikut media sosialmu. Misalnya, jika ingin dikenal sebagai seorang entrepreneur maka harus konsisten membagi seputar strategi bisnis. Atau saat ingin diidentikkan sebagai seorang traveller, rajinlah mengunggah konten mengenai lokasi wisata, tips dan trik bagi pelancong pemula, dan lainnya.

Follow akun inspiratif

Ini juga bentuk pencitraan agar akun media sosialmu mendapatkan kesan yang positif. Akun yang kamu ikuti dapat mencerminkan passion dan pembawaan karaktermu, termasuk apakah memenuhi kriteria perusahaan atau tidak. Selain konten dan informasi pribadi, mereka juga ingin tahu akun apa saja yang kamu ikuti. Jadi, kamu sudah follow akun inspiratif apa saja? Pastikan ada hubungannya dengan bidang yang kamu minati ya.

Membuat Konten yang Berkualitas dan Bermanfaat

Ketika menggunakan media sosial, cobalah untuk menulis konten yang layak untuk dibaca. Mengapa? Karena orang-orang tidak tertarik ketika melihat update status yang tidak penting. Maka dari itu, ketika bermain media sosial, cobalah untuk menjadi seseorang yang memiliki opini tentang sebuah topik, berbagi pengetahuan tentang apapun, sebarkan tulisan atau konten yang berguna dan yang bisa menjadi rujukan. Buatlah konten yang bisa bermanfaat di circle kamu.

Gunakan untuk Memperluas Jaringan

Kalau ingin serius mengembangkan karier dengan memanfaatkan media sosial, maka jangan sampai menggunakannya hanya untuk sekedar mengunduh foto selfie ya sahabat bizlab. Terjun di media sosial tentu akan membuatmu bersosialisasi dengan teman atau orang yang sudah dikenal, atau bahkan juga akan kenal dengan mereka yang sama sekali tidak dikenal. Melalui media sosial kamu bisa saling membagi ide dan gagasan yang kamu miliki, berkolaborasi menciptakan kreasi, berdebat, menemukan teman, rekan bisnis, pasangan, hingga membangun sebuah komunitas baru.

Saat ini beberapa perusahaan juga mulai memanfaatkan media sosial sebagai salah satu point untuk menilai sikap atau karakter seseorang yang melamar pekerjaan. Ketika di dalamnya hanya berisi keluh kesah, amarah dan hal-hal negatif bahkan berbau SARA, maka perusahaan otomatis akan memasukannya ke dalam pertimbangan, apakah akan menerima atau justru pelamar tersebut tidak akan diloloskan pada seleksi penerimaan karyawan baru. Hal ini terbukti sangat efektif untuk menjaring mana karyawan atau pegawai yang mempunyai nilai karakter dan integritas yang tinggi. Karna sepandai apapun seseorang jika karakternya tidak baik maka akan menimbulkan suasanya yang tidak kondisuf dalam internal perusahaan itu dan akan merusak citra perusahaan tersebut di mata masyarakat.

Berikan komentar

Hi, ada yang bisa kami bantu?