fbpx

Artikel

Ingin Pekerjaanmu Cepat Selesai? Coba Lakukan Hal Ini

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Seringkali kita kepusingan karena banyak hal yang harus dikerjakan sekaligus. Seperti kata pepatah, waktu adalah uang. Niat kamu memang baik karena ingin menghemat waktu dengan mengerjakan semuanya secara bersamaan, tapi lama kelamaan malah bisa memicu stres yang tidak perlu lho.

Ini dia tips dan trik untuk kamu yang ingin memanajemen waktumu dengan lebih baik.

  1. Batasi waktu menggunakan handphone

Distraksi dari handphone atau gadget adalah hal yang paling susah untuk dihindari. Selain bisa membuat kita lupa waktu, terlalu lama bermain handphone bisa memcah belah fokus kamu dari pekerjaan. Akan lebih baik apabila kamu hanya meluangkan waktu sejenak untuk bermain handphone setelah semua pekerjaan sudah selesai.

2. Membuat daftar tugas harian

Waktumu tidak akan terbuang sia-sia jika kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan pada saat itu. Di akhir harinya, kamu bisa mengecek hal hal yang telah berhasil kamu selesaikan. Rasa pencapaian itu bisa membuat kamu ketagihan dan bersemangat untuk menyelesaikan hal-hal lain di keesokan harinya. Jika sudah memiliki kebiasaan untuk menuliskan daftar tugas harian, bukan berarti kamu harus mengerjakannya tanpa henti dan tanpa jeda sama sekali ya.

3. Mengatur skala prioritas

Sangat penting untuk selalu mengurus yang paling penting terlebih dahulu. Barulah setelahnya disusul dengan berbagai hal lainnya. Ini akan menjadi pola pikir yang baik dalam memanajemen waktu dan memudahkan kamu dalam menyelesaikan pekerjaan. Kamu pun akan memiliki sejumlah waktu yang renggang untuk mengerjakan setiap pekerjaan sesuai dengan tingkat kebutuhan penyelesaiannya. Bahkan, ada tools yang dapat memudahkan kamu dalam mengatur priotas pekerjaan, yaitu dengan Eisenhower Matrix.

4. Mencari motivasi diri

Dalam bekerja tentu kita akan menghadapi berbagai kesulitan, baik yang sudah diperkirakan maupun yang hadir diluar perkiraan, baik dari faktor eksternal maupun internal, yang dapat memberi pengaruh negatif pada kinerja kita. Hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah mencari motivasi dalam dirimu sendiri. Jika kamu sudah mendapatkan motivasi dari dirimu sendiri, kamu dapat lebih menguasai diri dan mengendalikan diri sendiri. Ditambah lagi, ketika kamu telah merasa bertanggung jawab akan dirimu sendiri, bisa meningkatkan kemampuan manajemen waktumu secara lebih baik.

Jangan berpikir dan mengatakan bahwa kamu tidak bisa memanajemen waktu dengan baik. Sebab sebagaimana orang lain, waktu yang kamu miliki sama persis jumlahnya dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitar kamu. Jadi, cobalah untuk mulai berlatih mengaplikasikan tips dan trik diatas ya!

Berikan komentar

Hi, ada yang bisa kami bantu?