Imbas Covid-19: Gimana Caranya Membiasakan Kita Bekerja Work From Home Tanpa Pengawasan Manager?

Bagikan

Saat ini, makin banyak perusahaan meminta karyawan buat bekerja dengan sistem work from home.  Dengan cara ini, perusahaan diharapkan bisa turut andil dalam mempercepat terputusnya rantai penyebaran covid-19. Sebenarnya sih, gaya kerja ini udah dari dulu diterapkan banyak perusahaan. Hanya saja, jumlahnya makin meningkat seiring dengan pandemi covid-19 yang belum juga berhenti. 

Buat mereka yang sudah terbiasa dengan sistem kerja kayak gini sih bakal fine-fine aja ya. Terus, gimana dengan mereka yang belum terbiasa buat bekerja dengan sistem ini? Well, nih ada 4 cara membiasakan diri bekerja remote tanpa pengawasan:

1. Manage Waktu Kamu

Bekerja remote bukan berarti membuat kamu jadi asyik sendiri tanpa pengawasan. Kamu adalah pengawas nomer satu untuk diri kamu sendiri! Nah, untuk itu, kamu perlu memanage diri kamu sendiri. Atur waktu untuk selalu mengerjakan tugas sebelum deadline menghampirii. 

2. Mintalah Orang Terdekat Untuk Melakukan Pengawasan

Salah satu benefit dari bekerja di kantor adalah pengawasan terhadap tugas-tugas yang diberikan. Selama masa work from home, pengawasan ini hilang. Untuk itu, kamu bisa menggantinya dengan meminta teman atau saudara kamu untuk mengingatkan setiap pekerjaan yang wajib kamu selesaikan. 

3. Tanyakan Detail Pekerjaan dengan Jelas

Bingung dengan detail pekerjaan bisa bikin pekerjaan selesai lebih lama. Tanyakan seluruh job yang diberikan dengan jelas sampai dirasa kamu bisa menyelesaikannya. Pastikan tak terjadi kesalahpahaman dengan tugas yang diberikan

4. Bekerjalah Work From Home Bersama-sama

Bila kamu memang tak sekuat itu untuk bekerja work from home sendirian, ciptakan saja lingkungan dengan pekerja lain yang sedang kerja juga. Mungkin saja kan, salah satu keluarga kamu ada yang sedang bekerja dengan sistem ini, kan? Nah! ajak dia untuk bekerja disampingmu. Jangan lupa juga buat selalu jaga jarak  saat sosial distancing ya!

 5. Gunakan Aplikasi Digital Untuk Selalu Terhubung dengan Rekan Kerja

Selama work from home, bukan berarti kamu berasa sendirian dan nggak tau apa-apa tentang berita kantor ya! Kamu masih bisa terhubung dengan rekan kerja lewat aplikasi video conference lain macam zoom atau slack ya!

1 Comment

Leave a Reply