Hwang Woo-yea

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hwang Woo-yea

Hwang Woo-yea, lahir pada 3 Agustus 1947 di Incheon, Korea Selatan. Ia merupakan seorang politisi berkebangsaan Korea. Sebelum berkecimpung di dunia politik, ia berkecimpung pada bidang hukum sebagai hakim[1]. Ia merupakan ketua partai Saenuri atau yang sekarang dikenal sebagai Partai Kebebasan Korea. Selain itu ia merupakan mantan Wakil perdana Menteri Korea Selatan.

Ketika ia masih menjabat sebagai wakil perdana menteri, ia pernah melakukan kunjungan ke Indonesia[2] bersama Jusuf Kalla dalam pembahasan mengenai pembagian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) kepada para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Korea Selatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Merupakan lulusan salah satu universitas bergengsi di Korea Selatan. Ia pernah menempuh beberapa jenjang pendidikan. Meraih gelar Strata satu hingga gelar Doctor di Universitas Nasional Seoul. Pada strata pertama sarjana ia menempuh pendidikan di Jurusan Hukum. Setelah itu melanjutkan pendidikan Magister dan Doctor di Jurusan Konstitusi.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

  • Wakil Perdana Menteri Korea Selatan dari 19 November 2014 sampai dengan 12 Januari 2016
  • Anggota parlemen terpilih sebanyak lima kali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ peoplepill.com. "About Hwang Woo-yea: Korean politician (1947-) | Biography, Facts, Career, Life". peoplepill.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-25.
  2. ^ "Topic : hwang-woo-yea". Republika Online. Diakses tanggal 2022-08-25.