Hari K3 Sedunia Diperingati 28 April 2024, Ini Tema dan Sejarahnya

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Tanggal 28 April diperingati sebagai Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia (Hari K3 Sedunia) alias World Day for Safety and Health at Work. Hari K3 Internasional diperingati untuk mempromosikan pentingnya lingkungan kerja kondusif dan sehat.

Peringatan Hari K3 Sedunia ini berbeda dengan peringatan Bulan K3 Nasional di Indonesia, yang diselenggarakan pada bulan Januari hingga Februari. Meski begitu, keduanya sama-sama menyuarakan tentang keselamatan dan kesehatan di tempat kerja.

Peringatan dan penyelenggaraan Hari K3 Sedunia setiap tanggal 28 April diinisiasi dan dilaksanakan oleh Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO). Organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB (United Nations/UN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tema Hari K3 Sedunia Tahun 2024

Seperti dilansir situs PBB (United Nations/UN), Organisasi Buruh Internasional (ILO) memperingati Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia 2024 dengan mengusung tema "Ensuring safety and health at work in a changing climate".

Tema "Memastikan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja dalam suasana yang berubah" tersebut mengungkapkan info baru yang mengkhawatirkan tentang akibat perubahan suasana terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja.

turut disampaikan pesan bahwa mempromosikan, menghormati, dan mewujudkan prinsip dasar dan kewenangan di tempat kerja berupa lingkungan kerja yang kondusif dan sehat juga berfaedah mengatasi akibat perubahan suasana yang rawan di tempat kerja. Mengarusutamakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ke dalam kebijakan suasana dan mengintegrasikan masalah suasana ke dalam praktik-praktik K3 sangatlah penting.

Poster Hari K3 Sedunia 2024Poster Hari K3 Sedunia 2024 (Foto: Dok. ILO)

Sejarah Peringatan Hari K3 Sedunia

Menurut situs PBB (United Nations/UN), pada tahun 2003, Organisasi Buruh Internasional (ILO), mulai memperingati Hari Buruh Sedunia untuk menekankan pencegahan kecelakaan dan penyakit di tempat kerja, dengan memanfaatkan kekuatan tradisional ILO, ialah tripartisme dan perbincangan sosial.

Perayaan tersebut merupakan bagian integral dari Strategi Global Keselamatan dan Kesehatan Kerja ILO, sebagaimana didokumentasikan dalam Kesimpulan Konferensi Perburuhan Internasional pada bulan Juni 2003. Salah satu pilar utama dari Strategi Global adalah advokasi, Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sedunia (Hari K3 Sedunia) merupakan perangkat yang signifikan untuk meningkatkan kesadaran tentang gimana membikin pekerjaan menjadi kondusif dan sehat dan tentang perlunya meningkatkan profil politik keselamatan dan kesehatan kerja.

Tanggal 28 April juga merupakan Hari Peringatan Internasional untuk Pekerja yang Meninggal dan Cedera (International Commemoration Day for Dead and Injured Workers) yang diselenggarakan di seluruh bumi oleh aktivitas serikat pekerja sejak tahun 1996.

Hari K3 Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 28 April ini bermaksud mempromosikan pencegahan kecelakaan dan penyakit akibat kerja, secara global. Ini adalah kampanye peningkatan kesadaran yang dimaksudkan untuk memusatkan perhatian internasional pada besarnya masalah dan gimana mempromosikan dan menciptakan budaya keselamatan dan kesehatan kerja dapat membantu mengurangi jumlah kematian dan cedera yang mengenai dengan pekerjaan.

(wia/imk)