fbpx

Insight

Hal yang Sebaiknya Kamu Tahu Tentang Technical Writer dan Apa Saja yang Dikerjakannya

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kalau kamu kira profesi menulis itu cuma sebatas content writer, kamu salah. Ada banyak sekali ragam profesi penulis selain content writer diantaranya ada copywriter, ux writer, dan technical writer.

Technical Writer itu Apa Sih?

Untuk yang terakhir, kamu tentu bertanya-tanya. Kenapa sih namanya technical writer? Apakah ada hubunganya technical writer dengan teknik? Jadi, apakah orang-orang yang mendalami technical writer harus mereka yang sarjana teknik?

Begini, ada banyak sekali deskripsi mengenai technical writer. Inti dari technical writer adalah:

Technical writer adalah suatu pekerjaan penulis yang bertujuan untuk mempermudah pemahaman masyarakat akan bahasa komputer. Technical writer tidak boleh egois. Ia harus mampu menyajikan bahasa yang sederhana yang bisa dimengerti banyak khalayak.

Apa Saja yang dikerjakan Oleh Seorang Technical Writer?

Technical writer menyajikan suatu hal yang bersifat teknis. System harus dideskripsikan dalam bentuk tulisan.  Secara rinci, beberapa dokumentasi berikut ini bisa digunakan oleh technical writer:

1. Dokumentasi fungsi aplikasi (FSD, Functional Specification Document)

2. Teknis aplikasi (TSD, Technical Specification Document)

3. User Manual

4. QRG (Quick Reference Guide)

5. Installation guide/manual

6. FAQ (Frequently Asked Question)

7. Proposal dan presentasi teknis

8. Wireframe

9. (PDP, Product Development Plan)

10. Analisis produk (PA, Product Analysis)

Pembuatan dokumen ini bukan suatu hal yang bisa disepelekan. Perusahaan butuh dokumen teknis agar product knowledge yang dimiliki bisa dimengerti oleh banyak orang. Dokumen juga dibutuhkan agar pembuat aplikasi tetap sealur dengan apa yang dibutuhkan.

Asah Skills Berikut Bagi Kamu yang Ingin Berkarir Sebagai Technical Writer

1. Menulis

Seorang technical writer harus punya kemampuan menulis yang menarik. Ini penting. Seseorang dengan passion menulis justru yang lebih bisa menjelaskan sesuatu kepada orang awam lewat kemampuan bahasa yang dipunya. Kenapa bukan developer? Simplenya, tentu saja tak semua developer punya kemampuan menulis yang baik. Justru, seorang penulis akan mudah mempelajari product knowledge dan software. Ia akan dengan senang hati merinci bahasan yang pas untuk disampaikan.

2. Passion Teknologi

Passion di bidang teknologi amat sangat perlu dibutuhkan bagi mereka yang ingin jadi technical writer. Jangan buta terhadap technologi karena akan mempermudah kamu yang akan berkarir di bidang ini.

3. Data Analyst

Kemampuan menganalisa data juga perlu kok dipunyai seorang technical writer. Kamu harus pandai menganalisa data yang diberikan. Setidaknya, tulisan dokumen yang dibuat bakal lebih akurat dan tak salah kaprah.

Syarat jadi seorang technical writer terdengar mudah. Tapi, kalau kamu tak asah skill mulai dari sekarang, bisa jadi pekerjaan impianmu akan semakin jauh didapat. Mulailah belajar dan ikuti kursus untuk mengasah skill menjadi seorang technical writer mulai dari sekarang.

Berikan komentar