Grogi Nge-MC? Ikuti 5 Tips Public Speaking Ala Michelle Obama Berikut!

tips public speaking
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Michelle Obama ini unik banget. Selain itu, hebat juga! Saking kerennya, kamu bisa pejari tips public speaking dari beliau, loh.

Kualitas public speaking beliau juga nggak bisa dianggap enteng, loh. Michelle Obama merupakan salah salah satu role model di dunia public speaking. 

Karir profesional michelle obama sebagai seorang lawyer membuatnya punya banyak manfaat untuk memberikan public speaking di hadapan banyak orang. 

Banyak banget nih beberapa hal yang bisa dicontoh dari Michelle Obama. Simak aja deh banyak video youtube Michelle yang sedang orasi. Asli, keren-keren banget, loh!

Buat kamu yang juga ingin jadi profesional public speaker macam Michelle Obama, yuk coba 5 tips publik speaking berikut ini agar hasilnya luar biasa:

  1. Jadi original aja deh, nggak harus perfect kok

Michelle obama ini konon udah menunggu 20 bulan atau hampir dua tahun untuk menciptakan spotlight bagi dirinya sendiri. Pada podium pertamanya ini Michelle meneriakkan isu mengenai rasial.

Salah satu hal yang bikin pidato michelle obama ini terlihat stand out adalah dari cara michelle menyampaikan pendapat. Michelle nggak perlu menjadi orang lain untuk terlihat hebat. Cukup menjadi diri sendiri, Michelle sudah bisa menggetarkan seisi podium. 

  1. Pahami Apa yang Kamu Ucapkan, Kuasai Tema

Sebagai public speaker yang handal, kamu harus mengetahui dengan benar apa yang kamu ucapkan. Michelle obama selalu riset terlebih dahulu tema apa yang diucapkan. Pastikan buat menguasai semua materi dengan benar, ya!

  1. Kendalikan audience lewat emosi, kombinasikan dengan logika

Beberapa kosa kata bisa kamu gunakan untuk memancing perasaan penonton lebih dekat dengan dirimu. Well, lakukan sapaan sederhana lewat beberapa kata-kata macam: “Hai ladies and gentlemen” atau “halo penonton, apa kabar hari ini?” dan lain semacamnya. Ingat pula untuk selalu menyertakan logika biar nggak kebablasan. 

  1. Gunakan gaya bahasa bercerita ‘tell story’, bukan statistik

Akan sangat membosankan ketika mendengar suatu pidato yang hanya berisi data dan data saja. Sebaliknya, akan sangat menarik bila mendengarkan suatu pidato dengan gaya bercerita atau story telling: bener, kan?

Gaya story telling ini mengajak emosi seseorang untuk turut aktif dalam mendengarkan ceritanya. Nah, ini juga bisa kamu terapkan dalam teknik publik speaking kamu. 

Wah, kalau gitu nggak boleh ngasih data statistik, dong? Boleh banget, kok. Hanya saja, cara menceritakannya nggak boleh flat, ya! Gunakan teknik story telling, aja!

  1. Gunakan bahasa tubuh yang pas

Bahasa tubuh yang pas sangat mendukung public speaking kamu terlihat makin stand out, loh. Nah, biar makin kece, coba lihat dan tiru contoh bahasa tubuh dalam public speaking di Youtube. 

Namun, alangkah baiknya kamu punya gaya bahasa public speaking tersendiri. Ini dilakukan biar kamu punya ciri khas dalam performance kamu. 

Itulah dia 5 tips public speaking ala michael obama yang harus kamu tahu. Yuk, praktikkan!

Berikan komentar