Gempa Garut 27 April 2024: Kekuatan, Penyebab, Dampak

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Jakarta -

Gempa mengguncang Garut, Jawa Barat pada 27 April 2024. Getaran gempa terasa hingga ke sejumlah wilayah, termasuk Jakarta.

Lantas, apa penyebab gempa Garut 27 April 2024? Berikut info selengkapnya.

1. Kekuatan Gempa Garut 27 April 2024

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 6,5 terjadi di barat daya Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2024). Kedalaman gempa mencapai 10 Km.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"#Gempa (UPDATE) Mag:6.5, 27-Apr-24 23:29:47 WIB, Lok:8.42 LS, 107.26 BT (Pusat gempa berada di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut), Kedlmn:10 Km," dikutip dari akun X (Twitter) BMKG, Sabtu (27/10/2024).

Namun, BMKG memutakhirkan kekuatan gempa Garut 27 April 2024 menjadi M 6,2.

2. Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG menyebut koordinat pusat gempa Garut berada di 8.42 LS dan 107.26 BT sejauh 151 km dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Tidak berpotensi tsunami," kata BMKG.

3. Analisis Penyebab Gempa Garut

Gempa di Garut dengan magnitudo (M) 6,2 (data mutakhir BMKG) terasa hingga Jabodetabek hingga Bandung. BMKG mengatakan gempa terjadi lantaran adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia.

"Dengan memperhatikan letak episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat alias terkenal disebut sebagai gempa dalam lempeng (intra-slab earthquake)," ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (28/4/2024).

Daryono mengatakan dari hasil kajian sistem sumber menunjukkan bahwa gempa bumi mempunyai sistem pergerakan naik (thrust Fault). Gempa ini tak berpotensi memicu gelombang tsunami.

Bangunan Rusak di Sukabumi dan Tasikmalaya Akibat Gempa GarutBangunan rusak di Sukabumi dan Tasikmalaya akibat gempa Garut (Foto: istimewa)

4. Dampak Gempa Garut 27 April 2024

Sejumlah wilayah ikut merasakan getaran gempa di Garut, Jawa Barat, Sabtu (27/4/2024). Bahkan, beberapa gedung rusak akibat gempa tersebut. Berikut datanya.

- Daerah yang merasakan

Gempa Garut dirasakan di beberapa wilayah. Ini info menurut BMKG.

  • Skala IV MMI:
    - Sukabumi,
    - Tasikmalaya.
  • Skala III-IV MMI:
    - Tangerang,
    - Tangerang Selatan (Tangsel),
    - Bogor,
    - DKI Jakarta,
    - Kebumen,
    - Banyumas,
    - Cilacap,
    - Purwokerto.
  • Skala III MMI:
    - Bantul,
    - Sleman,
    - Kulonprogo,
    - Trenggalek,
    - Malang.

- Jumlah gedung rusak

Kepala Pelaksana BPBD Garut Aah Anwar mencatat jumlah kerusakan akibat gempa Garut hingga Minggu (28/4/2024). Dilansir detikJabar, ini rincian kerusakannya.

  • Rumah rusak 41 unit,
  • 1 akomodasi kesehatan,
  • 1 tembok milik perbankan, dan
  • 1 unit mobil.

Selain itu, kerusakan gedung juga terjadi di Kabupaten Ciamis. Berdasarkan info sementara dari BPBD Ciamis, ada 12 rumah yang rusak tersebar di lima kecamatan, ialah Banjarsari, Banjaranyar, Pamarican, Cihaurbeuti dan Ciamis.

"Data sementara ada 12 gedung rumah yang mengalami kerusakan di Ciamis," ujar Kepala Pelaksana BPBD Ciamis Ani Supiani, Minggu (28/4/2024).

- 4 Orang Luka

Rumah-rumah penduduk yang rusak akibat gempa di Garut, tersebar di beberapa kecamatan. Yang paling parah kerusakannya terdapat di area Cilawu, Garut.

Sementara itu, satu unit akomodasi umum yang rusak adalah genting plafon beberapa bagian gedung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk.

Hingga kini, tidak ada korban jiwa akibat gempa Garut 27 April 2024. Namun, sebanyak empat orang luka.

"Untuk korban jiwa, sampai saat ini dipastikan tidak ada, tapi ada korban luka 4 orang. Sekarang seluruhnya sudah diperbolehkan pulang ke rumah lagi, setelah mendapatkan perawatan," ucap Kepala Pelaksana BPBD Garut Aah Anwar.

(kny/imk)