Fiverr VS Upwork. Mana yang Lebih OK Buat Freelancer?

Bagikan

Sebagai seorang freelancer, sobat Bizlab pasti pernah dengar dua platform besar berikut ini: Fiverr dan Upwork. Tapi sudah cobain belum?

Kalau belum, bisa banget nih simak tulisan ini karena kita akan bahas tentang perbedaan Fiverr dan Upwork.

By the way, untuk diketahui saja, lewat hadirnya situs-situs freelance ini, ekosistem freelance makin meningkat. Ditambah lagi, para freelancer menyumbang sekitar 1,4 triliun untuk geliat ekonomi sepanjang tahun, loh.

Balik lagi nih, sekarang kita bahas Fiverr dan Upwork. By the way, kedua platform ini sama-sama mendapatkan uang dari mengurangi biaya dari pembayaran yang mereka proses pada system mereka.

Kedua platform ini punya harga yang bervariasi.

Di upwork, freelancer menentukan tarif jasa mereka untuk pengerjaan suatu proyek. Nah, biasanya dihitung juga bedasarkan perjam dan prefensi yang mereka pilih.

Tim upwork nantinya akan mendapatkan komisi lewat biaya yang dibebankan pada setiap proyek yang diselesaikan.

Istilahnya sih, setiap freelancer ibarat membayar biaya ‘terimakasih’ ke upwork karena telah diberi tempat untuk mendapatkan proyek. Contohnya saja, Ardi mendapatkan proyek sebesar $ 300 di upwork. Maka, ketika proyek itu selesai dan cair, 20% dari harga proyek itu akan masuk ke upwork. Selain itu, upwork juga membebankan 2,75% dari pembayaran sebagai biaya pemrosesan.

Fiverr sendiri juga menyediakan lapak untuk freelancer berjualan jasa. Well, ada 3 level jasa yang ditawarkan yaitu basic, standard dan premium. Untuk kategori jasa yang paling murah akan masuk pada level basic.

Sementara itu, kategori standar adalah mereka yang menjual jasa di level menengah. Bila sobat Bizlab menjualnya di harga 25 dolar ke atas, maka akan masuk ke kategori premium.

Setelah order diselesaikan, maka uang akan masuk ke saldo Fiverr anda lalu siap ditransfer ke rekening anda setelah 14 hari.

Baik fiverr dan upwork sama-sama manguntungkan untuk Indonesian Freelancer. Pasalnya, kurs mata uang yang berbeda membuat kita untung mencari klien di sini. Bagi masyarakat dengan pengguna dolar, harga 5 dollar di fiverr termasuk murah. Namun, untuk kita, uang 5 dollar ini lumayan besar untuk satu proyeknya.

1 Comment

Leave a Reply