Dibalik Pekerjaan Admin Sosial Media: Nggak Sekedar Balas-balas Chat

Bagikan

Admin sosial media kerjanya ngapain aja, sih?

Bales-bales chat doang, kan?

Well, nggak sesederhana itu, sih. 

Buat kamu yang sering scroll postingan lowongan kerja pasti pernah melihat beberapa perusahaan yang sedang mencari admin social media. 

Ada yang mencantumkan jobdesk, ada pula yang tidak. Job desknya sih ternyata nggak sekedar balas-balas chat aja, kok. 

Kenapa admin sosial media sangat dicari? 

Tentu saja, perusahaan butuh orang-orang yang punya bakat membangun awareness dan jejaring pertemanan. Saat ini, perusahaan sangat membutuhkan sosial media sebagai representasi perusahaan. 

Terus, job desk admin medsos itu ngapain aja, sih?

Sebenarnya, jobdesk admin sosial media tiap perusahaan nggak ada yang sama-sama banget. Kalau dijabarkan, sebenarnya garis besar job desk admin medsos itu kayak gini:

  1. Merancang konten sosial media yang akan di unggah. 
  2. Menjadwalkan kapan sebaiknya suatu konten diunggah
  3. Menjawab komentar dan komplain dari followers

Nah, berarti udah jelas kan kalau admin medsos itu nggak sekedar bales-bales chat, doang?

Mereka juga perlu banget bisa ‘ngide’ konten apa yang bisa bikin engagement naik. Wajar aja sih, admin medsos adalah salah satu bagian yang paham tentang interaksi pelanggan dan perusahaan. Jadi, memang sudah seharusnya admin medsos mengerti konten apa aja yang punya potensi ‘naik’.

Nggak hanya itu, jam unggah konten juga nggak boleh disepelekan. Misalkan saja nih, konten hari buruh pastikan diunggah di hari buruh. Jangan sampai ketuker dengan konten untuk hari pahlawan. Udah beda serves, bos!

Tak lupa pula, seorang admin medsos harus banget ngerti gimana cara menaikkan engagement. Entah itu lewat bales-bales komentar, sering bales DM atau posting story instagram. Pokoknya sih, admin sosial media wajib menjaga hubungan baik dengan followers. 

Kelihatan banget kan bedanya dengan admin biasa?

Yup, beda banget. Admin biasa hanya menjaga hubungan baik dengan pelanggan ketika mereka datang. Sementara itu, admin medsos menjaga hubungan baik dengan followers (pelanggan) tanpa harus menunggu interaksi dari pelanggan terlebih dahulu. 

Nah, kalau kamu nanti bekerja di perusahaan sebagai admin medsos, kamu juga wajib ngasih laporan bulanan sebagai acuan untuk bikin konten di bulan berikutnya. 

Gimana? tertarik menjadi admin media sosial?

1 Comment

Leave a Reply