Berminat Jadi Social Media Specialist? Berikut 5 Tugas yang Harus Kamu Ketahui

social media specialist
Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Hai sobat Bizlab, Sudah tahukah kamu apa itu social media specialist? Profesi satu ini semakin banyak dibutuhkan lo di berbagai bidang perusahaan. Ada yang mengatakan bahwa social media specialist bisa juga dikatakan sebagai admin sosial media suatu perusahaan atau organisasi.

Tapi sebenarnya tak sesederhana itu lo gais, seorang social media specialist memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang cukup banyak. Sebelum mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, yuk cari tahu dulu pengertian sebenarnya.

Apa itu social media specialist?

Social media specialist merupakan posisi yang memiliki peran untuk fokus menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk platform media sosial perusahaan tertentu. Tujuan social media specialist adalah meningkatkan brand awareness untuk memperkuat marketing dan penjualan sebuah perusahaan.

Lantas bagaimana tugas dan tanggung jawabnya?

Mengembangkan Content Plan dalam Media Sosial

Seorang social media specialist dituntut untuk kreatif dan penuh inovasi, ini karena tugas utamanya adalah membuat dan mengembangkan konten pada media sosial perusahaan tersebut. Selain mengembangkan juga membuat konten secara konsisten agar media sosial perusahaan atau organisasi tersebut tetap aktif dan termaintance.

Berkomunikasi dengan Para Followers Media Sosial

Inidia tugas social media specialist yang seringkali kita panggil “mimin/admin” tugas mereka salah satunya adalah aktif berkomunikasi dengan para followers media sosial perusahaan atau organisasi. Hal tersebut juga menjadi aspek penting agar menjalin hubungan yang baik dengan para pengikut media sosial tersebut.

Menggunakan Tools Analitik

Social media specialist harus mampu menggunakan beberapa tools berikut ini untuk menganalisa konten maupun lain sebagainya. Tools berikut yang biasa dipakai seperti Google Analytics, Hootsuite Pro, dan Facebook Insights.

Update dalam Perkembangan Media Sosial

Namanya juga social media specialist, profesi ini sudah pasti dituntut untuk mengerti dan paham mengenai perkembangan trend media sosial. Ia juga harus peka terhadap tren saat ini khususnya dalam pengembangan konten perusahaan.

Mengelola Post Media Sosial

Selain mengatur dan mengembangkan konten, social media specialist juga harus mampu mengelola postingan konten di beberapa media sosial perusahaan seperti mengetahui jam posting paling tepat, membuat caption yang menarik, dan mampu mengoperasikan beberapa fitur media sosial.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang social media specialist yang paling utama. Tak hanya beberapa hal tersebut, tugas lainnya juga diharuskan untuk membuat laporan perkembangan media sosial setiap brand atau perusahaan.

Nah sobat Bizlab? Tertarik untuk menekuni profesi ini? agar kamu semakin kreatif dan mampu menciptakan berbagai konten menarik kamu bisa belajar di salah satu kelas Content Creator Class bersama Yasmin Zata Ligouw di sini.

Berikan komentar