Bangun Personal Branding di Media Sosial dengan 5 Tips Ini

Bagikan
Source: Freepik.com

Apa Itu Personal Branding? 

Sobat Bizlab tentu sudah tidak asing dengan istilah branding dalam bisnis. Ibarat perusahaan yang perlu membangun citra yang baik, kita sebagai individu juga perlu membentuk citra positif tentang diri kita. 

Entah disadari atau tidak, citra kamu sudah terbentuk secara tidak langsung lewat hal yang kamu gunakan sehari-hari. Salah satunya adalah media sosial yang menjadi platform untuk membagikan cerita dan menjalin interaksi dengan orang lain. Konten-konten yang kamu unggah dan bagaimana cara kamu dalam berinteraksi dengan pengikut kamu akan membentuk suatu pandangan orang tentang bagaimana kepribadian dan karakteristik kamu.

Ini lah yang kemudian disebut dengan personal brand. Secara singkat, personal branding adalah bagaimana kita mempromosikan diri di depan publik untuk membentuk persepsi orang lain tentang diri kita. 

“Your brand is what people say about you when you are not in the room.”

 – Jeff Bezos

Pentingnya Membuat Personal Branding

Source: Freepik.com

Lantas, apa pentingnya membangun personal branding?

Reputasi yang baik menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam melamar pekerjaan. Sebuah survei yang dilakukan oleh CareerBuilder pada tahun 2018 menunjukan bahwa 70% rekruter di perusahaan menggunakan media sosial untuk menyeleksi kandidat dalam rekrutmen dan 43% perusahaan menggunakan media sosial untuk memantau karyawan mereka. 

Dalam melamar pekerjaan, rekruter akan melihat apakah kandidat karyawan mereka mempunyai karakteristik yang dicari perusahaan atau tidak. Selain itu, dengan membangun personal branding di media sosial, kamu akan berkesempatan untuk menunjukan kelebihan dan kompetensi bahkan sebelum proses rekrutmen. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk membangun image yang positif di akun media sosial mereka. 

Pada artikel ini, Bizlab akan merangkum tips-tips yang dapat sobat Bizlab gunakan dalam membangun personal brand di media sosial.

Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

Sebelum masuk ke dalam tips-tips membangun personal branding di media sosial, kamu perlu menentukan dulu apa tujuan dari personal branding ini. Image seperti apa yang ingin kamu bangun? Apa kepribadian yang ingin kamu tunjukan di media sosial?

Dengan menentukan goal, kamu bisa mulai menyusun rencana-rencana yang lebih jelas dalam membangun personal brand

Cari Keunikan dan Jadi Autentik

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang membuat anda unik?

Menjadi berbeda akan membuat kamu terlihat menonjol di media sosial. Coba temukan sisi unik yang ingin ditampilkan pada pengikut anda untuk membuat perbedaan dengan pengguna-pengguna lainnya di sosial media. Namun, yang perlu kamu ingat adalah untuk tetap menjadi diri sendiri dalam melakukan personal branding.

Jadilah Expert dalam Satu Bidang

Menentukan spesialisasi menjadi hal yang penting dalam melakukan personal branding. Lewat spesialisasi, kamu dapat menciptakan value yang baik di mata orang lain dan memperkuat personal branding anda. Cari lah bidang yang memang menjadi passion kamu karena hal itu dapat mempengaruhi ketekunan dan konsistensi dalam membangun personal branding.

Selain itu, kamu bisa menyertakan minat dan keterampilan di media sosial untuk membantu orang yang mencari akun-akun yang relevan dengan bidang yang anda tekuni menemukan akun kamu.

Untuk menjadi expert dalam bidang tertentu, bersikap aktif lah untuk terus mengembangkan diri. Dengan banyaknya persaingan yang ada media sosial dan cepatnya ilmu berkembang, pastikan untuk selalu update

Networking menjadi salah satu cara yang bisa anda gunakan mengembangkan diri. Jalinlah relasi dan bangun koneksi dengan orang-orang lain yang bergerak dalam satu bidang yang sama dengan kamu. Dari sana kamu dapat belajar banyak dengan bertukar pengalaman dan ilmu. 

Buat Konten Berkualitas

Personal branding terbangun dari konten-konten yang kamu bagikan di sosial media. Membuat konten berkualitas akan menaikan value anda dan membuat orang merasakan manfaat dari mengikuti anda. Melihat perilaku orang-orang di sosial media yang suka berbagi, konten yang berkualitas dapat menaikan engagement karena mendorong orang untuk menggunakan fitur share, like, dan comment di unggahan kamu.

Tak hanya itu, kamu dapat membuat konten dari bidang yang kamu tekuni dan geluti. Apabila kamu merupakan seorang makeup artist, akan bermanfaat jika kamu rajin mengunggah konten seputar tips-tips menggunakan makeup.

Bangun Interaksi dengan Pengikut Anda

Salah satu hal yang paling penting agar tetap diingat adalah dengan berkomunikasi dengan para pengikut. Bangun konten-konten yang memungkinkan pengikut berinteraksi secara langsung dengan kamu.

Dengan berinteraksi secara langsung, secara tak langsung kamu memberi kesempatan kepada pengikut kamu untuk mengenal siapa diri kamu dan bagaimana karakter kamu. Dari sana, personal branding yang kamu bangun dapat lebih mudah tertanam di benak mereka.

Tetap Konsisten

Last but not least, salah satu tips utama untuk membangun personal branding adalah konsisten. Citra bukanlah sesuatu yang terbentuk dalam satu dua hari saja. Butuh waktu yang lama dan berkelanjutan untuk mendapatkan branding yang kuat dan baik. 

Konsistensi ini harus ditunjukan lewat bagaimana kamu berinteraksi, konten-konten apa yang kamu buat, apa yang kamu ceritakan dan katakan di sosial media, dan aktivitas-aktivitas apa yang kamu lakukan. 

Itulah 5 tips utama dalam membangun personal branding. Bagaimana? Sudah siap membangun personal branding diri kamu?

Bizlab adalah marketplace untuk belajar skill profesional yang sedang dibutuhkan di berbagai sektor industri saat ini. Kunjungi situs https://subsdaily.com/ untuk mengikuti konten pendek favorit (micro-content) mengenai up-skill yang akan dikirim via WhatsApp atau Email pribadimu.

Yuk, tunggu apalagi?, Kembangkan kemampuanmu dan klik link nya, ya

Sumber:

  1. GRIN
  2. CO by U.S. Chamber of Commerce 
  3. Forbes

Leave a Reply