fbpx

Insight

Bagaimana Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Berbisnis?

Bagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Instagram menjadi media sosial yang sangat ampuh saat ini untuk digunakan sebagai bisnis. Setiap tahunnya pengguna Instagram semakin banyak sehingga hal tersebut memungkinkan kita untuk membangun bisnis melalui Instagram. Sampai sekarang, tercatat Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya ada sekitar 60 juta foto yang dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes. Melihat statistik yang ditampilkan oleh Instagram, maka peluang sangat terbuka lebar bagi kamu yang ingin membangun bisnis melalui instagram.

Lalu bagaimana caranya memaksimalkan Instagram untuk mulai berbisnis?

Instagram memang sangat mengerti keinginan para penggunanya. Tepat pada bulan Mei 2016 lalu, Instagram resmi mengumumkan bahwa mereka telah merilis fitur Instagram For Business.  Adanya fitur tersebut tentu dapat membuat seluruh pengguna Instagram dapat menjadikan akunnya menjadi akun bisnis. Untuk mengubah ke akun bisnis pun tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, sehingga kamu dapat memulai bisnis online di Instagram tanpa perlu modal.

Kini kita akan mempelajari bagaimana memaksimalkan Instagram untuk memulai berbisnis. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan

1. Buat Akunmu Menjadi Akun Bisnis

Sebenarnya caranya sangat mudah untuk menjadikan akunmu menjadi akun bisnis. Kamu tinggal log in ke akun Instagram yang akan kamu jadikan sebagai akun bisnis. Setelah log in pilih settings lalu scroll ke bawah dan temukan Switch to Business Account. Klik dan akunmun sudah menjadi akun bisnis. Gampang bukan?.

Setelah menjadi akun bisnis, kamu harus mengisi beberapa informasi mengenai akun bisnsimu seperti alamat, nomor telepon bisnis dan bisnis apa yang akan kamu tawarkan.

Tips untuk kamu yang ingin menjadikan akunmu menjadi akun bisnis:

Pastikan username akun Instagram bisnismu sesuai dengan nama bisnismu. Dengan begitu, maka orang tidak akan susah menemukan akun Instagrammu. Selain itu, kamu juga dapat melakukan branding dengan maksimal sehingga dapat mengarahkan pengunjung untuk melihat akun Instagram bisnismu.

2. Susunlah Konten Dengan Kreatif

Setelah mengubah akunmu menjadi akun bisnis, kini saatnya kamu berpikir untuk menyusun konten yang kreatif. Konten yang menarik dan kreatif tentu akan menarik perhatian banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka insight akun Instagram bisnismu akan tinggi dan kemungkinan pengunjung untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan juga sangat besar.

Sejatinya berbisnis online di Instagram adalah tentang bagaimana kamu dapat mencari perhatian. Salah satu cara untuk mencari perhatian di Instagram tentu dengan cara membuat konten yang semenarik mungkin. Semakin menarik konten yang kamu buat maka semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi akun Instagram bisnismu. Dengan demikian, maka buatlah konten Instagram bisnismu dengan rapi dan kreatif agar orang menaruh perhatian terhadap akunmu.

3. Gunakan Promote

Selain menyediakan fitur Instagram For Business, Instagram juga menyediakan fitur promote untuk kamu yang ingin mempromosikan akun Instagram bisnismu. Kamu dapat mempromosikan akun Instagram bisnismu menjadi sebuah iklan di Instagram agar mendapatkan jangkauan yang lebih banyak. Selain di Instagram, kamu juga dapat mempromosikan akun Instagram bisnismu ke berbagai media sosial lainnya.

Tentukan target audience yang kamu inginkan serta waktu untuk mengiklankan akun Instagram bisnismu. Jangan sampai salah target pasar karena hal tersebut memungkinkan promosi kamu akan gagal.

Nah di atas merupakan beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan Instagram untuk berbisnis. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana Instagram bekerja saat ini, strategi Instagram marketing dll. Apabila kamu ingin mempelajarinya lebih lanjut, maka subscribes terlebih dahulu agar dapat notifikasi terkait materi selanjutnya.

Berikan komentar

Tanya
1
Butuh bantuan?
Halo,
Ada yang bisa dibantu?
Powered by